Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Employee Engagement pegawai pada Kantor Pusat BPJS Kesehatan

Nain Rahmadany, Lisnatiawati Saragih

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh budaya organisasi, kepuasan kerja, dan motivasi kerja terhadap employee engagement pegawai pada kantor pusat BPJS Kesehatan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian diperoleh dari 175 responden pegawai BPJS Kesehatan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode alternatif dari structural equation modeling (SEM) yaitu partial least square (PLS). Tahap pertama dalam penelitian ini untuk menguji validitas pertanyaan setiap variabel berikut dengan reliabilitasnya. Tahap kedua menguji hubungan antara budaya organisasi, kepuasan kerja, dan motivasi kerja terhadap employee engagement. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel budaya organisasi, kepuasan kerja, dan motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee engagement.


Keywords


Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja, Motivasi Kerja dan Employee Engagement

Full Text:

PDF

References


Ali, S., & Farooqi, Y. A. (2014). Effect of Work Overload on Job Satisfaction , Effect of Job Satisfaction on Employee Performance and Employee Engagement ( A Case of Public Sector University of Gujranwala Division ). International Journal of Multidisciplinary Sciences and Engineering.

Anggraini, L., Astuti, E., & Prasetya, A. (2016). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EMPLOYEE ENGAGEMENT GENERASI Y (Studi Pada Pegawai PT Unilever Indonesia Tbk-Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.

Anitha. (2014). Determinants of employee engagement and their impact on employee performance. International Journal of Productivity and Performance Management. https://doi.org/10.1108/IJPPM-01-2013-0008

Bakti, A. S. (2016). The Impact of Organizational Culture and Employee Engagement On Employee Work Performance Civil Society Organization IPPA HQ. 3(3), 3088–3095.

Domiyandra, R., & Rivai, H. A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Etis(Ethical Leadership),Budaya Organisasi, Dan Penghargaan(Rewards) Terhadap Keterikatan Kerja(Work Engagement)Account Representative (Ar) Pada Kpp Pratama Di Lingkungan Kanwil Djp ‘X.’ Jurnal Stie Semarang, 11(1), 102–118. https://doi.org/10.33747/stiesmg.v11i1.349

Faisal Azeem, M., Rubina, & Tahir Paracha, A. (2013). Connecting training and development with employee engagement: How does it matter? World Applied Sciences Journal. https://doi.org/10.5829/idosi.wasj.2013.28.05.1230

Ghozali, I. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan program SmartPls 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares (PLS) (4th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128

Hair, J. F. J., Hult, G. T. M., Ringle, C., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). In Long Range Planning. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2013.01.002

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. https://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Masih, E., Assistant, S., Singh, V. P., & Tirkey, M. R. (2013). Employee Engagement : Engaging Employees At Work Place. International Journal of Management.

Nurjanah, R., Rofaida, R., & Suryana, S. (2017). Kepribadian Pegawai Dan Budaya Organisasi: Faktor Determinan Keterikatan Pegawai (Employee Engagement). Jurnal Manajemen, 20(2), 310. https://doi.org/10.24912/jm.v20i2.50

Pangestu, T. T., & Wahjuadi, D. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Employee Engagement Di Pt Asuransi Kredit Indonesia (Persero) Cabang Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 12.

Rachmatullah, A., Susanty, A. I., & Partono, A. (2015). PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT ( Studi kasus di PT . House The House Bandung ). 2(3), 2919–2927.

Ramayah, T., Jasmine, Y. A. L., Ahmad, N. H., Halim, H. A., & Rahman, S. A. (2017). Testing a Confirmatory model of Facebook Usage in SmartPLS using Consistent PLS. International Journal of Business and Innovation, 3(2), 1–14.

Ravikumar, T. (2013). A Study on Impact of Team Work , Work Culture , Leadership and Compensation on Engagement Level of Employees in MSMEs in India. International Journal of Advanced Research in Management and Social Sciences.

Rivai, V. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : dari Teori ke Praktik. In Edisi Pertama, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0013666

Robbins, S. P. (2001). Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. In Prenhallindo. https://doi.org/10.1016/S0926-860X(03)00316-8

Robbins, S. P. (2004). Organizational Behavior: Concepts, Controversies and Applications. In Development.

Schaufeli, W. B., & Bakker, A. B. (2004). Job demands, job resources, and their relationship with burnout and engagement: A multi-sample study. Journal of Organizational Behavior. https://doi.org/10.1002/job.248

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Wallace, L., & Trinka, J. (2008). Performance Engagement. Leadership Excellence.

Widodo, F. A. S., & Sami’an. (2013). Hubungan Employee Engagement dengan Perilaku Produktif Karyawan. Psikologi Industri Dan Organisasi.

Yuswardi, Y. (2019). Analisis Faktor-Fakror yang Mempengaruhi Keterikatan Karyawan pada Hotel Berbintang di Batam.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jfm.v1i1.9913

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal of Fundamental Management (JFM)