Pengaruh Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sub Sektor Plastik Dan Kemasan di BEI Tahun 2018-2021)

Sari Puspitarini Puspitarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Debt to Equity Ratio (DER), DPR, Return on Equity (ROE), dan Ukuran Perusahaan (SIZE) terhadap nilai perusahaan atau Price to Book Value (PBV). Penelitian ini menggunakan data emiten sub sektor plastik dan kemasan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2021. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Dari populasi 56 perusahaan, 40  perusahaan memenuhi kriteria sebagai sample. Metode pengumpulan data menggunakan data emiten pada perusahaan sub sektor plastik dan kemasan di BEI. Metode Analisis Data menggunakan Analsis Regresi Data Panel dengan bantuan aplikasi Eviews v.10.

Penelitian ini merupakan penelitian dasar, dimana hanya membuktikan konsep fungsi dan/atau karakteristik penting secara analitis maka level pengukuran TKT (Tingkat Kesiapan Teknologi) masuk kedalam kategori II dengan rencana luaran berupa publikasi Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES). Hasil penelitian menunjukkan bahwa DER berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap PBV, DPR berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap PBV, ROE berpengaruh positif dan signifikan terhadap PBV, dan SIZE berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap PBV


Keywords


Kata kunci: Debt to Equity Ratio (DER), Dividend Payout Ratio (DPR), Return on Equity (ROE), Ukuran perusahaan (SIZE) dan Price to Book Value (PBV)

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jies.v11i2.16203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES)
Editorial Office:
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta, Gedung D Lantai 1,
Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Phone 021-5840816 Extention 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]

Portal ISSNPrint ISSN: 2301-9263
Online ISSN: 2621-0371

 

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES) and the article sare licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

The journal was indexed by: