Analisa Factor Yang Mempengaruhi Niat Pembelian Kembali Pada Private Label

Agung Hudaya

Abstract


Keberadaan produk dengan merek private label menjadi prioritas tersendiri bagi para ritailer, karena selain dapat membantu untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan penjualan di toko, juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggannya.  Perkembangan private label yang sangat pesat dapat terlihat dari semakin banyaknya jenis produk private label yang dipasarkan. Namun perkembangan penjualan produk-produk private label di Toko Alfamidi masih belum memuaskan dan cenderung stagnan perkembangannya secara nasional. Kondisi masih rendahnya tingkat konsumsi produk private label Alfamidi, padahal perusahaan telah melakukan pendekatan dengan berbagai aktivitas promosi. Berkaitan dengan hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan model niat pembelian kembali dan mengetahui pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek terhadap niat pembelian kembali produk private label. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan datanya survey penyebaran kuisioner pada 100 responden di lokasi penelitian Toko Alfamidi di Kota Tangerang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh signifikan antara kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek terhadap niat pembelian kembali produk private label.


Full Text:

PDF

References


Abdolvand, M. Ali, dan Kia, A. Reza. (2016). "Examining the Impact of Company’s Ability Associations and Brand Awareness on Willingness to Repurchase: The Role of the Perceived Quality of Product and Brand Associations". International Business Management, 10: 1868-1875

Alfamidi Official Website (2018). Annual Report 2018. www.alfamidi.com. (Diakses tanggal 28 Maret 2018)

Alhaddad, Abdullah A. (2015). “A Structural Model Of The Relationships Between Brand Image, Brand Trust And Brand Loyalty”. International Journal of Management Research and Reviews, 5(3), 137-144.

Ali, Hapzi dan Limakrisna, Nandan. (2013). Metolologi Penelitian (Petunjuk Praktis untuk Pemecahan Masalah Bisnis, Penyusunan Skripsi, Tesis dan Desertasi). Ed. 1. Cet. 1. Deepublish. Yogyakarta.

Balla B., Ibrahim S., dan Ali S. (2015) “The Impact Of Relationship Quality On Repurchase Intention Towards The Customers Of Automotive Companies In Sudan”. British Journal of Marketing Studies. Vol.3, No.4, pp.1-15.

Besra E., Kartini D., dan Hasan M.. (2015). "The Role Of Retail Image And Customer Trust On Purchase Intention Of Private Label Product". International Journal Of Scientific & Technology Research. Vol. 4, Issue: 05.

Bodur O., Tofiqhi M., dan Grohmann B. (2016). “When Should Private Label Brands Endorse Ethical Attributes?” Journal of Retailing 92 (2, 2016) 204–217.

Diab D.E Diab dan Mansour, Ilham HF. (2015). “The Impact of marketing efforts on Brand Equity: A Case of Samsung Brand in Sudan.” Journal of Economic Sciences. Vol. 16(2).

Djumarno, Lies, dan Hapzi A. (2017). “Purchase Decision Analysis Marketing Mix (Case Study Mandiri E-Cash Transaction Banking Retail Group PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk.” International Journal of Business and Management Invention (IJBMI). ISSN (Online): 2319–8028, ISSN (Print): 2319–801X. www.ijbmi.org. Volume 6, Issue 1, January, 2017, page[29-38]

Girard, T., Trapp P, Pinar M, Gulsoy T, dan Boyt T. (2017). “Consumer-Based Brand Equity of a Private-Label Brand: Measuring and Examining Determinants.” Journal of Marketing Theory and Practice. 25. 39-56

Hanafiah, Ali dan Kasmo, AB Prayoga (2016). “Pengaruh Promosi Terhadap Brand Image Pada Pengambilan Keputusan Menjadi Mahasiswa Universitas Mercu Buana”. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol. 2, No. 2. Hal. 571-585.

Hendra, Pangemanan SS., dan Tangkuman S. (2014). “Penerapan Akuntansi Pajak Penghasilan Pasal 23 Pada PT. Golden Mitra Inti Perkasa.” Jurnal EMBA. Vol.2 No.1 Maret.

Huang C, Yen S, Liu C, dan Chang T. (2014). "The Relationship Among Brand Equity, Customer Satisfaction, And Brand Resonance To Repurchase Intention Of Cultural And Creative Industries In Taiwan". International Journal of Organizational Innovation (Online), 6(3), 106-120.

Kakkos N., Trivellas P., dan Sdrolias L. (2014). "Identifying Drivers of Purchase Intention for Private Label Brands.Preliminary Evidence from Greek Consumers". Social and Behavioral Sciences. 522 – 528

Kashif M., Samsi SZ., dan Sarifuddin S. (2015). “Brand Equity Of Lahore Fort As A Tourism Destination Brand/ brand equity do forte lahore como uma marca de destino turístico/ brand equity del fuerte lahore como una marca de destino turístico”. Revista De Administração De Empresas, 55(4), 432-443.

Keller, Kevin L. 2013. Strategic Brand Management ; Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Fourth Edition Harlow, English : Pearson Education Inc.

Lawu, Bakti. (2015). “Pengaruh Elemen Brand Knowledge Danbrand Equity Terhadap Repurchase Intention”. Jurnal Manajemen, Vol.14, No.2.

Mohan, Bijuna C., dan Sequeira, A.H. (2016). "The impact of customer-based brand equity on the operational performance of FMCG companies in India". IIMB Management Review. 28, 13–19

Nielsen (2017). Alfamidi Business Review Q2 2017. PT Midi Utama Indonesia Tbk. Tangerang.

Pahter, Pravenshi (2017). “Brand Equity As A Predictor Of Repurchase Intention Of Male Branded Cosmetic Products In South Africa”. Business & Social Science Journal (BSSJ). Vol. 2, Issue 1. Pp. 1-23.

Pham L., Do H., dan Tuan T. (2016). The Effect Of "Brand Equity And Perceived Value On Customer Revisit Intention: A Study In Quick-Service Restaurants In Vietnam". Acta Oeconomica Pragensia. Vol.24, No. 05.

Pradipta, Hidayat dan Sunarti. (2016). “Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Konsumen Pembeli dan Penggunaan Kartu Perdana Simpati Telkomsel di Lingkungan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis Angkatan 2012 & 2013 Fakultas Ilmu Administrasi Brawijaya Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 34 No. 1 Mei 2016.

Prastiwi, S. Kurnia (2016). “Menguji Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Repurchase Intention Pada Produk Mie Instan Indomie Di Yogyakarta.” Jurnal EKA CIDA Vol. 1 No. 1

Prymon, M. (2016). “Dynamic Aspects Of Brand Management”. Economics, Management and Financial Markets, 11(1), 135-142.

Rahayu, Isna R. (2018). Apindo Proyeksi Industri Ritel Tumbuh 2,5 Persen di 2018. http://www.inews.id/finance/read/apindo-proyeksi-industri-ritel-tumbuh-2-5-persen-di-2018?sub_slug=makro. (Diakses tanggal 23 Maret 2018).

Razak N., Themba S., Orfyanny dan Sjahruddin, Herman. (2019). Brand awareness as predictors of repurchase intention: Brand attitude as a moderator. 6. 541-554.

Reese, Jason. (2015). “Rugged And Exciting: Examining The Personality Of A Mixed Martial Arts Brand”. Journal of Contemporary Athletics, 9(2), 101-115.

Retnawati B., Ardyan E., dan Farida N. (2018). The important role of consumer conviction value in improving intention to buy private label product in indonesia. Asia Pacific Management Review,23(3), 193-200.

Sadat, Andi M., (2009). Brand Belief: Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Salemba Empat. Jakarta.

Said, Hamad. (2014). "Mobile Phone Brand Loyalty and Repurchase Intention", European Journal of Business and Management, Vol.6, No.26.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Andi. Yogyakarta.

Saputra, M. Saputra dan Ariningsih, Endah. (2014). “Strategi Retail Mix Untuk Meningkatkan Daya Saing Peritel Di Pasar Tradisional”. Prosiding Seminar Nasional Menuju Masyarakat Madani dan Lestari. Hal.:193-207.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). CV. Alfabeta. Bandung.

Sumarto, A. Herta, dan Rachbini, Didik J. (2015). Metodologi Penelitian, Aplikasi Praktis Penelitian Marketing. PT. Pride Indonesia Baru. Jakarta.

SWAOnline. (2012) Hypermarket dan Minimarket Makin Kepincut Private Label. https://swa.co.id/swa/headline/hypermarket-dan-minimarket-makin-kepincut-private-label. (diakses 24 Maret 2018)

Tjiptono, Fandy. (2011). Strategi Pemasaran. Ed. 3. Andi Offset. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jimb.v6i1.7660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis



Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

ISSN: 2460-8424
E-ISSN: 2655-7274


http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb

This journal is indexed by:

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats