IDENTIFIKASI BEBAN KERJA UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIFITAS DIVISI HELP DESK DENGAN METODE WORK SAMPLING

Hayu Kartika, Rifka Ambarita, Candra Setia Bakti

Abstract


Penelitian dan pengamatan ini dilakukan di perusahaan jasa konstruksi dan perawatan menara telekomunikasi, untuk mengontrol setiap menara telekomunikasi dibentuk suatu divisi baru yaitu divisi Help Desk. Namun, setelah dibentuk divisi tersebut terdapat beberapa evaluasi dari manajemen, karyawan pada divisi Help Desk mengalami kelelahan, sakit dan sering izin tidak bekerja. Oleh sebab itu, penelitian ini dimaksudkan untuk menghitung beban kerja dan produktifitas dari karyawan divisi Help Desk. Untuk mencari solusi tersebut dilakukan proses identifikasi beban kerja setiap karyawan dengan menggunakan metode Work Sampling. Dari hasil yang di dapat beban kerja dari divisi Help Desk rata-rata sebesar 102,730% untuk mengurangi beban kerja karyawan tersebut divisi help desk harus menambahkan 1 orang karyawan sehingga beban kerja dapat ditekan rata-rata menjadi 77,05%. Dengan penambahan karyawan ini diharapkan dapat mencapai performa pelayanan yang lebih baik


Keywords


Beban Kerja, Work Sampling, Produktifitas, Pelayanan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jitkom.v6i1.002

Refbacks



Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats