Penggunaan Algoritma C4.5 Untuk Menentukan Kepuasan Pelanggan Pada Warnet Game Victory

Budi Sudrajat

Abstract


Penerapan Algoritma C4.5 bisa digunakan untuk menentukan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan.Algoritma C4.5 merupakan salah satu teknik terkenal dalam data mining karena metode ini tidak memerlukan proses pengelolaan pengetahuan terlebih dahulu dan bisa menyelesaikan dengan sederhana kasus-kasus yang memiliki dimensi yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis kepuasan pelanggan pada warnet victory dengan menggunakan kuisioner sebanyak 50 responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode klasifikasi. Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan Microsoft excel dan software rapidminer didapatkan hasil bahwa factor kepuasan pelanggan yaitu dari sisi pelayanan. Hasil yang didapat dari klasifikasi dengan menggunakan algoritma C4.5 didapat 100% dianggap tepat digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap biaya sewa, akses internet, fasilitas dan pelayanan

Keywords


Algoritma C4.5, Kepuasan Pelanggan, Pohon keputusan

Full Text:

PDF

References


Ani, S. (2021) ‘Analisa Decision Tree untuk Kepuasan Penggunaan Sinyal dari Base Transceiver Station ( BTS ) Decision Tree Analysis for Signal Use at Base Transceiver Station ( BTS )’, 9(2), pp. 199–205. doi: 10.26418/justin.v9i2.43425.

Bayu Febriyanto, D., Handoko, L. and Aisyah, H. (2018) ‘Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Tingkat Kepuasan Pembeli Online Shop’, Jurnal Riset Komputer (JURIKOM), 5(6), pp. 569–575. Available at: http://ejurnal.stmikbudidarma.ac.id/index.php/jurikom%7CPage%7C569.

Eki, R. M. (2016) ‘Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Algoritma C4 . 5’, Fakultas Ilmu Komputer, 3(2), pp. 1–14.

Hardiansyah (2018) Kualitas Pelayanan Publik (edisi revisi). Yogyakarta: Gava Media.

Harman, R. (2018) ‘Jurnal Ilmiah Informatika ( JIF )’, Jurnal Ilmiah Informatika, 06(02), pp. 54–59.

Manggala, J. (2021) Main Game Di Warnet Masih Relevan Gak Sih?, 27 Mei. Available at: https://www.okeguys.com/games/main-game-di-warnet-masih-relevan-gak-sih.

Nalendra, A. R. A. (2018) ‘PENGARUH KUALITAS PELAYANAN HARGA KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS PELANGGAN IM3 MADIUN)’, JITK, 3, pp. 281–288.

Siburian, B. R. (2014) ‘Aplikasi Data Mining Untuk Menampilkan Tingkat Kelulusan Mahasiswa Dengan Algoritma Apriori’, Pelita Informatika Budi Darma, VII No 2, pp. 56–61.

Swastina, L. (2018) ‘Penerapan Algoritma C4 . 5 Untuk Penentuan Jurusan Mahasiswa’, Gema Aktualita, 2(1), pp. 93–98.

Uswatun, N. et al. (2017) ‘Pengaruh Keberadaan Warung Internet Di Lingkungan Sma Negeri 2 Sukoharjo Terhadap’, in Prosiding SEMNAS Penguatan Individu di Era Revolusi Informasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta, pp. 251–257.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jitkom.v6i1.004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats