Game Edukasi Pembelajaran Aksara Jawa Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android di SD Negeri Sinomwidodo Tambakromo Pati
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyanti, D. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Aksara Jawa Dengan Media Scrabble Aksara Jawa Pada Peserta Didik Kelas Iii Sd Negeri 02 Ngasem Tahun 2014.
Hadiwirodarsono, S. (2010). Belajar Membaca dan Menulis Aksara Jawa. Solo: Kharisma.
Yuliana, E. (2015). Pengembangan Buku Gladhen Aksara Jawa untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Aksara Jawa Siswa Kelas IV Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).
Nisa, P. L. K., Maknunah, J., & Syaifulloh, A. (2017, September). Game Aplikasi Pengenalan Aksara Jawa “Hanacaraka” Berbasis Android. In Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF) (Vol. 1, pp. 756-765).
Wardani, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) untuk Pengenalan Aksara Jawa pada Anak. Jurnal Teknologi, 8(2), 104-111.
Kusuma, F. E. E., Setyawan, M. B., & Zulkarnain, I. A. (2019). Penerapan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Aksara Jawa Di SDN 1 Sidorejo Ponorogo. Komputek, 3(1), 61. https://doi.org/10.24269/jkt.v3i1.203
Ilham, M., Kharisma, A. P., & Wardhono, W. S. (2019). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Membaca Aksara Jawa Menggunakan Speech Recognition (Studi Kasus: SDN Tulusrejo 1 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X.
Yusuf, W. L., & Adi, E. P. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pelajaran Baca Tulis Aksara Jawa Dengan Sandhangan Kelas Iv Sd. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 95-98.
Supriyono, H., Rahmadzani, R. F., Adhantoro, M., & Susilo, A. K. (2016). Rancang bangun media pembelajaran dan game edukatif pengenalan aksara jawa “pandawa”.
Ernawati, R. S., Hidayat, E. W., & Rahmatulloh, A. (2017). Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Aksara Sunda Berbasis Android. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 3(3).
Febrianti, F. U. A. (2018). Pengembangan Game Mobile Media Aksara Jawa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Joyful Learning Journal, 7(3), 80-87.
Tri Wahyu, S. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Wayang Kulit Ramayana Dengan Metode Augmented Reality Berbasis Mobile Untuk Siswa SD (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).
Binanto, I. (2010). Multimedia digital-dasar teori dan pengembangannya. Penerbit Andi.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jitkom.v6i2.010
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.