Game Edukasi Pengenalan Batik Nusantara Berbasis HTML5 Menggunakan Metode Game Development Life Cycle
Abstract
Seiring perkembangan zaman menyebabkan banyaknya kebudayaan di indonesia mulai terabaikan, salah satunya adalah kebudayaan batik. Kita baru menyadari bahwa budaya Indonesia patut dilestarikan setelah budaya kita mendapatkan pengakuan-pengakuan dari negara lain. Oleh karena itu penulis memberikan solusi berupa game edukasi pengenalan batik nusantara, sebagai salah satu cara media untuk mempermudah generasi muda memahami materi tentang batik nusantara yang menarik dan interaktif. Game edukasi pengenalan batik nusantara ini disajikan dalam bentuk visual 2D dan dibuat dengan game engine Gdevelop serta menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Penelitian ini akan menghasilkan sebuah media pembelajaran edukatif yaitu Game edukasi pengenalan batik nusantara berbasis HTML5.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
E. Handriyantini, “Permainan edukatif (educational games) berbasis komputer untuk siswa sekolah dasar,” e-Indonesia Initiative 2009 (eII2009), Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia, pp. 130-134, 2009.
D. Hurd and E. Jenuings, “Standardized educational games ratings: Suggested criteria,” Paper, 2009.
S. D. Dedi, “Sejarah Batik Indonesia”, PT. Sarana Pancakarya Nusa, 2018
E. Herwiyanti, A. Faturokhman, and Warsidi, “Potensi IKM Batik Bagi Perekonomian Negara,” Deepublish, 2021
I. M. Prasetyanto, G. Ariyanto, and D. A. Prasetya, “Pembuatan Game Untuk Paud Dengan Platform HTML5,” Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.
Lilis Y., “Permainan Edukatif Fun English Berbasis HTML 5,” Semnasteknomedia Online, vol. 5, no. 1, pp. 4–431, 2017.
O. Suria, and C. W. Kurniawan. “Pengembangan aplikasi multimedia untuk sarana edukasi Aksara Jawa menggunakan framework Codeigniter dan HTML 5.” In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, Yogyakarta, pp. 261-270, 2015.
A. Syafrizal, R. Andika, and A. P. Panggabean, “Perancangan Game Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Html 5 Berbasis Multimedia Interaktif,” Semnasteknomedia Online, vol. 6, no. 1, pp. 1–67, 2018.
A. F. Habibie, F. N. Sahfitri, and W. D. Mandalika, “Media Pembelajaran Interaktif ‘Batik Pedia’ Berbasis Aplikasi Android Pada Ensiklopedia Batik Nusantara,” Jurnal Komputer Teknologi Informasi dan Sistem Informasi (JUKTISI), vol. 2, no. 2, pp. 326–338, 2023.
R. Ramadan and Y. Widyani, "Game development life cycle guidelines," 2013 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS), 2013, pp. 95-100, doi: 10.1109/ICACSIS.2013.6761558.
M. Irfan, O. D. Nurhayati, and A. B. Prasetijo, “Perancangan Game Edukatif Anti Narkoba Berbasis Augmented Reality (AR) Menggunakan Spark AR dengan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC),” Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer, vol. 6, no. 1, pp. 34–34, Feb. 2022, doi: https://doi.org/10.22441/jitkom.v6i1.005.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jitkom.v7i2.010
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.