Analisa Struktur Sasis Kendaraan Mobil Listrik BAJA SAE Dengan Metode Elemen Hingga (MEH)

Agamas Hauqalah

Abstract


Saat ini, sudah tidak perlu lagi untuk membangun model pengujian untuk setiap kondisi yang akan di uji, cukup menggunakan program computer, lalu setelahnya hasil simulasi akan keluar dan kemudain dapat ditemukan hasil yang terbaik, maka barulah model akhir bisa dibuat. Pada penelitian kali ini, proses simulasi untuk menganalisa respon dari struktur sasis kendaraan konpetisi mobil BAJA SAE dengan menggunakan Metode Elemen Hingga.  Kendaraan akan di uji dengan enam kondisi pengujian, yaitu Pengujian tabrak depan, tabrak belakang, tabrak samping kiri dan kanan, uji terguling, uji kekuatan torsional, dan uji tabrak setengah sisi depan. Setelah mendapat Equivalent stress maka akan digunakan untuk menentukan nilai Factor of Safety dari desain sasi. Dari hasil simulasi, didapatkan  total deformasi sebagai berikut :   tabrak depan (5.69 mm), tabrak belakang (3.66 mm),  tabrak samping kiri dan kanan (8.09 mm Dan  8.06 mm) , uji terguling (5.34 mm), uji kekuatan torsional (23.53 mm), uji tabrak setengah sisi depan (1.78 mm). Didapatkan juga hasil equivalent stress sebagai berikut : tabrak depan (390.65 MPa), tabrak belakang (335.16 MPa), tabrak samping kiri dan kanan (452.68 MPa dan 434.21 MPa), uji terguling (239.66 MPa), uji kekuatan torsional (330.29 MPa), uji tabrak setengah sisi depan (259.83 MPa). Serta didapatkan juga nilai Factor of Safety sebagai berikut : tabrak depan (1.7), tabrak belakang (1.9), tabrak samping kiri dan kanan (1.4 dan 1.5), uji terguling (2.7), uji kekuatan torsional (2.0), dan uji tabrak setengah sisi depan (2.5). berdasarkan hasil tersebut bahwa sasis kendaraan kompetisi BAJA SAE tersebut diharapkana aman dan dapat digunakan pada perlombaan. 


Keywords


Factor Keamanan; Finite Element Method; Kompetisi BAJA SAE; MSIB; Metode Elemen Hingga (MEH); Sasis Kendaraan; Uji Struktural;

Full Text:

PDF

References


Cadfem Simulation Technology Indonesia, "CADFEM Ansys - Finite Element Analysis (FEA) Learning Track," 2022. [Online]. Available: https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/activity/active/detail/3842321. [Accessed 2 Oktober 2022].

SAE International, "About Baja SAE Series," 2022. [Online]. Available: https://www.sae.org/attend/student-events/baja-sae-california/about. [Accessed 01 Desember 2022].

Z. Bi, Finite Element Analysis Applications : a systematic and practical approach, Academic Press, 2018.

SIMSCALE, "What is von Mises Stress?," 27 Desember 2022. [Online]. Available: https://www.simscale.com/docs/simwiki/fea-finite-element-analysis/what-is-von-mises-stress/. [Accessed 29 desember 2022].

M. Mihaila, I. Blanari, V. Goanta and P. D. Barsanescu, "Finite element analysis of a modified weigh-in-motion sensor," IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, vol. 1262, no. 01, p. 012052, 2022.

S. K. J, A. Shetye and P. Mallapur, "Design and Analysis of Chassis for SAE BAJA Vehicle," in NATIONAL CONFERENCE ON RECENT INNOVATIONS IN ENGINEERING SCIENCE, TECHNOLOGY & MANAGEMENT, 2019.

Ansys, BAJA SAE Chassis Analysis Using Ansys Mechanical, 2022.

A. Y. Dwinanto and F. B. Muhammad, "Analisa Karakteristik Body dan Chassis Pada Prototype Kendaraan Listrik," Jurnal Rekayasa Mesin, vol. 6, no. 2, pp. 119-126, 2015.

F. Nurudin, Analisa Kekuatan Chassis Sapuangin Speed Menggunakan Material Alumunium Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga, Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2016.

S. H. Abdullah, "Computational Analysis for Optimisation of Baja SAE Roll Cage," International Journal for Scientific Research & Development, vol. 6, no. 04, pp. 1395 -1399, 2018.

SAE International, Collegiate Design Series. BAJA SAE Rules 2023 Revision B, SAE International, 2022.

Autodesk, "How to Determine the Factor of Safety," 2014. [Online]. Available: https://knowledge.autodesk.com/search-result/caas/sfdcarticles/sfdcarticles/How-to-determine-the-factor-of-safety-s.html. [Accessed 2 Januari 2022].

Ansys, "Ansys," 2020. [Online]. Available: Ansys.com. [Accessed 25 September 2022].

R. J. Melosh, Structural engineering Analysis by Finite Elements, Englewood Cliffs: Prentice Hall, Inc, 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jitkom.v7i2.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats