Penentuan Golongan Handphone Terkini Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani

Mochammad Bintang Perdhana, Rafi Febrian Achmad, Naufal Kamil Fadhilah, Amien Shaum Shaefullah, Dwi Yulinar Chairunisa, Inna Novianty

Abstract


Handphone adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang memiliki kemampuan yang sama dengan telepon kabel konvensional, namun perbedaannya adalah telepon seluler dapat digunakan dimana saja dan dapat dibawa kemana saja serta tidak perlu terhubung dengan jaringan telepon menggunakan kabel seperti wireless. dan nirkabel. Tujuan dari telepon seluler adalah untuk memudahkan komunikasi antara orang-orang yang terbiasa menerima panggilan telepon dan dapat mengirim atau menerima pesan singkat. Seiring dengan perkembangan zaman, keragaman keunggulan, fitur, merek, dan tipe ponsel yang ada dapat membuat masyarakat kesulitan untuk memilih ponsel yang sesuai dengan kualitas, kebutuhan, dan budget belanjanya. Hal ini dikarenakan kebutuhan manusia sangat banyak dan beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis handphone terbaru dengan menggunakan metode Fuzzy Mamdani agar masyarakat tersebut dapat memilih handphone yang sesuai dengan kebutuhannya. Metode logika Fuzzy Mamdani dipilih karena kemampuannya dalam menangani ketidakpastian data. Input fuzzy yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu kecepatan prosesor dan kapasitas daya baterai. Proses fuzzifikasi dilakukan untuk menentukan variabel masukan dan nilai keluaran untuk menghasilkan suatu nilai untuk penentuan kelas handphone. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode fuzzy Mamdani dapat digunakan untuk mengontrol penentuan grup ponsel. Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin rendah nilai pada kecepatan prosesor, maka kecepatan prosesor dapat digolongkan sebagai lambat. Begitupun sebaliknya dimana semakin tinggi nilai pada kecepatan prosesor, maka kecepatan prosesor dapat digolongkan sebagai cepat. Selain itu, semakin rendah nilai pada kapasitas daya baterai, maka kapasitas daya baterai dapat digolongkan sebagai rendah. Begitupun sebaliknya semakin tinggi nilai pada kapasitas daya baterai, maka kapasitas daya baterai dapat digolongkan sebagai tinggi


Keywords


Fuzzy Mamdani; Golongan Jenis Handphone; Kapasitas Daya Baterai; Kecepatan Prosesor; Logika Fuzzy

Full Text:

PDF

References


N. Arianty, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung,” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, vol. 16, no. 2, 2016.

S. Amilia, “Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa,” Jurnal Manajemen Dan Keuangan, vol. 6, no. 1, pp. 660–669, 2017.

R. Gunawijaya, “Kebutuhan manusia dalam pandangan ekonomi kapitalis dan ekonomi Islam,” Jurnal Al-Maslahah, vol. 13, no. 1, pp. 131–150, 2017.

N. Febriany, F. Agustina, and R. Marwati, “Aplikasi metode fuzzy mamdani dalam penentuan status gizi dan kebutuhan kalori harian balita menggunakan software MATLAB,” Jurnal EurekaMatika, vol. 5, no. 1, pp. 84–96, 2017.

A. E. Putra, “Sistem Rekomendasi Pemilihan Handphone Menggunakan K-Nearest Neighbor (KNN),” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2019.

S. Yuliantika and D. L. Kartika, “Implementasi Metode Fuzzy Mamdani sebagai Deteksi Awal Banjir Lokal di Bendung Gerak Serayu,” Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, vol. 4, no. 1, pp. 17–25, 2022.

A. Wantoro, “Komparasi Perhitungan Pemilihan Mahasiswa Terbaik Menggunakan Metode Perhitungan Klasik Dengan Logika Fuzzy Mamdani dan Sugeno,” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, vol. 15, no. 1, 2018.

A. W. Aranski, S. N. Rizki, “Pemrograman Visual Basic Pendeteksi Dini Kecanduan Penggunaan Smartphone Terhadap Produktivitas Kerja Menggunakan Logika Fuzzy,” dalam Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Teknologi (SNISTEK), 2018, pp. 13–18.

M. Surohadi, H. Hindarto, and H. Setiawan, “Prediksi Produksi Dompet Kulit Sintetis Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani,” Jurnal Informatika Polinema, vol. 9, no. 2, pp. 207–214, 2023.

M. N. Sinaga, N. A. Hasibuan, and A. M. H. Sihite, “Sistem Pakar Diagnosa Kifosis Menerapkan Metode Fuzzy Mamdani,” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 4, no. 1, 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jitkom.v7i2.003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats