Analisis Algoritma Apriori Untuk Mengidentifikasi Pola Penjualan Di Toko Sembako XYZ

Dewi Wulandari, Bambang Irawan, Agus Bachtiar

Abstract


Abstrak - Dalam era perdagangan yang kompetitif, pemahaman mendalam tentang perilaku konsumen menjadi kunci utama bagi keberhasilan strategi penjualan sebuah toko. Penelitian ini berfokus pada analisis pola pembelian konsumen untuk mengidentifikasi barang yang sering dibeli secara bersamaan. Masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman mengenai kecenderungan konsumen dalam memilih produk secara bersamaan, yang menjadi landasan untuk mengoptimalkan strategi penjualan. Metode penelitian ini melibatkan analisis data transaksi dari riwayat penjualan perusahaan selama periode tertentu. Untuk menemukan pola pembelian yang signifikan, diterapkan algoritma Apriori, sebuah metode data mining yang efektif dalam mengidentifikasi asosiasi antara item-item dalam dataset transaksi. Proses ini melibatkan langkah-langkah analisis yang mendalam, termasuk pemrosesan data, identifikasi aturan asosiasi, dan interpretasi hasil untuk merinci pola pembelian yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah barang memiliki keterkaitan yang signifikan dalam pembelian bersamaan oleh konsumen. Barang-barang ini memiliki potensi untuk dioptimalkan melalui strategi penjualan yang mencakup bundling produk, promosi khusus, dan strategi tata letak produk. Implementasi strategi ini berpotensi meningkatkan volume penjualan dan memberikan dampak positif pada kinerja toko. Penelitian ini memberikan pandangan mendalam tentang perilaku pembelian konsumen dan menyajikan solusi praktis untuk meningkatkan strategi penjualan. Implikasi untuk pengambilan keputusan melibatkan pemberian rekomendasi kepada pemilik toko agar dapat merancang strategi penjualan yang lebih fleksibel dan responsif terhadap kecenderungan konsumen.


Keywords


Data Mining; Analisis Pola Pembelian;Algoritma Apriori;Strategi Penjualan

Full Text:

PDF

References


M. Salman Al Faridzi and D. Rahman Prehanto, “Implementasi Algoritma Apriori pada Transaksi Penjualan dan Pembelian di Toko Bangunan Berbasis Website,” 2022.

C. F. Suardi, S. Y. Hasyrif, and S. Sunardi, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Data Transaksi Penjualan Pada Toko Berbasis Desktop,” J. Tekno Kompak, vol. 17, no. 1, pp. 136–146, 2023.

J. R. Gumilang, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Konter Berbasis Web,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 1, no. 2, pp. 226–233, 2020, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

A. Nofianti, M. Y. Yawan, and M. A. Nazar, “Implementasi Data Mining dalam Pengolahan Data Transaksi Toko Sembako Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : Toko Devan Mart),” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 7, no. 1, pp. 165–173, Jan. 2023, doi: 10.33379/gtech.v7i1.1962.

M. Ghofur, Y. A. Pranoto, and F. X. Ariwibisono, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Analisis Data Transaksi Penjualan Pada Toko Berbasis Web,” 2020.

R. Hanifan, D. Tri, S. T. Putra, D. Hartanti, and S. Kom, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Pengelompokkan Produk Terbaik Pada Pangkalan Sudiawati,” KOMPUTA J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 11, no. 2, 2022.

D. A. Safira and A. Witanti, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisis Penjualan Dengan Berbasis Web Implementation of Aprio,” vol. 4, no. 1, pp. 114–124, 2021.

F.S. Amalia, S. Setiawansyah, and D. Darwis, “Analisis Data Penjualan Handphone Dan Elektronik Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus : CV Rey Gasendra),” TELEFORTECH : Journal of Telematics and Information Technology, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2021, doi: https://doi.org/10.33365/tft.v2i1.1810.

Z. Abidin, A. K. Amartya, and A. Nurdin, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Penjualan Suku Cadang Kendaraan Roda Dua (Studi Kasus: Toko Prima Motor Sidomulyo),” Jurnal Teknoinfo, vol. 16, no. 2, pp. 225–225, Jul. 2022, doi: https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.1459.

A. Hidayat, N. Hendrastuty, and S. Setyawati, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Apotek Shaqeena Untuk Memprediksi Penjualan Berbasis Android,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 4, no. 3, pp. 302–312, 2023, doi: https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i3.2883.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jitkom.v8i1.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats