Sistem Keamanan Jaringan Menggunakan Cisco AnyConnect dengan Metode Network Access Manager

Fathurrahman Dali

Abstract


Pada saat ini perkembangan dalam bidang teknologi dan informasi semakin pesat, hal ini terbukti dengan semakin banyaknya masyarakat yang menggunakan layanan internet. Seiring dengan perkembangan internet yang sedemikian pesat, menjadikan keamanan suatu data atau informasi pada server yang terhubung dengan publik menjadi sangat penting. Banyak perusahaan yang memiliki jaringan komputer dimana jaringan tersebut berfungsi untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada didalam ruangan kantor. Adanya jaringan komputer tidak hanya mempermudah kinerja karyawan namun dapat juga memunculkan permasalahan terutama dalam hal keamanan jaringan komputer itu sendiri. Ancaman keamanan jaringan komputer yang dapat merugikan salah satunya terletak pada jaringan internal di PT Lintasarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan atau action research. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan sistem keamanan jaringan menggunakan Cisco ISE dengan metode network access manager tenyata mampu membantu untuk  menerapkan standar IT Policy di PT Lintasarta


Keywords


Sistem Keamanan Jaringan, Jaringan Internet, IT Policy, Sistem Otentitkasi Izin Akses

Full Text:

PDF

References


M. Syani dan A. M. Ropi, “ANALISIS DAN IMPLEMENTASI NETWORK SECURITY SYSTEM MENGGUNAKAN TEKNIK HOST-BASED INTRUSION DETECTION SYSTEM ANALISIS DAN IMPLEMENTASI NETWORK SECURITY SYSTEM MENGGUNAKAN TEKNIK HOST-BASED INTRUSION DETECTION SYSTEM ( HIDS ) BERBASIS CLOUD COMPUTING,” no. August, 2018.

E. Kusuma et al., “Meningkatkan Keamanan Jaringan Dengan Menggunakan Model Proses Forensik,” no. January 2016, 2017.

D. Irawan, “Keamanan jaringan komputer dengan metode blocking port pada laboratorium komputer program diploma-iii sistem informasi universitas muhammadiyah metro,” Manaj. Inform. Progr. Diploma III UM Metro, vol. 02, no. 05, hal. 1–9, 2015.

Ertie Nur Hartiwati, “Keamanan Jaringan Dan Keamanan Sistem Komputer Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Warnet,” hal. 27–33, 2014.

B. Heru dan W. Hento, “Keamanan jaringan menggunakan,” hal. 48–59.

M. S. Ma’sum, M. A. Irwansyah, dan H. Priyanto, “Analisis perbandingan sistem keamanan jaringan menggunakan snort dan,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 2, hal. 1–5, 2017.

M. Ariq Istiqlal, L. O. Sari, dan I. T. Ali, “Perancangan Sistem Keamanan Jaringan TCP/IP Berbasis Virtual LAN dan Access Control List,” Jom FTEKNIK, vol. 3, no. 1, hal. 1–9, 2016.

B. Triandi, “Sistem Keamanan Jaringan Dalam Mencegah Flooding Data Dengan Metode Blocking IP Dan Port,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., hal. 6–8, 2015.

R. Muzawi, “Aplikasi Pengendalian Port dengan Utilitas Port Knocking untuk Optimalisasi Sistem Keamanan Jaringan Komputer,” SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, hal. 52–58, 2016.

O. K. Sulaiman, “Analisis Sistem Keamanan Jaringan Dengan Menggunakan Switch Port Security,” Jar. Komput., vol. 1, no. 1, hal. 9–14, 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats