Analisa Perbandingan Metode Konvensional, Desklab dan Bondek pada Pekerjaan Bekisting Jembatan Girder Tipe I pada Proyek Jalan Tol Bogor – Ciawi - Sukabumi

Irriene Indah susanti

Abstract


Pada saat ini perkembangan teknologi konstruksi yang bervariasi menjadikan alternatif yang cukup baik dalam pembangunan proyek konstruksi, akan tetapi keterbatasan sumber daya yang ada menjadi tolak ukur yang dipertimbangkan dalam pemilihan metode maupun material yang akan digunakan dalam pelaksanaan konstruksi. Seluruh stake holder terkait dalam pembangunan sangat mengharapkan pekerjaan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, mutu yang dapat diandalkan dan biaya yang ekonomis. Bila dilihat dari sudut pandang kontraktor, biaya yang dikeluarkan menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam pelaksanaan konstruksi, oleh karena itu pemilihan metode perlu direncanakan dan diteliti secara matang. Cara yang digunakan dalam pelaksanaan konstruksi yaitu dengan mencari alternatif bekisting di dalam pelaksanaan konstruksi. Hasil dari analisa biaya pada masing-masing metode bekisting dalam /m2 yaitu : biaya bekisting konvensional sebesar Rp. 401.228, biaya bekisting bondek sebesar Rp. 236.835, biaya bekisting deckslab precast sebesar Rp. 1.069.303. Dari hasil analisa tesebut maka dapat disimpulkan, metode bondek adalah pilihan yang tepat untuk digunakan sebagai bekisting pelat lantai pada jembatan karena biaya yang dikeluarkan lebih efisien bila dibandingkan dengan bekisting konvensional dan deckslab precast.


Keywords


Analisa Biaya; Bekisting; Metode Pelaksanaan.

References


Diandra, Nadia. (2017): Analisis Perbandingan Biaya dan Waktu Pada Pekerjaan Pelat Lantai Konvensional dan Bondek, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta

Harya Wisanggeni, Dimas. (2017): Perbandingan Sistem Pelat Konvensional dan Precast Halfslab Ditinjau dari Segi Waktu dan Biaya Pada Proyek MY Tower Apartement Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Hidayat, Arif; Radian, Riqi khasani. (2017): Analisa Perbandingan Penggunaan Bekisting Konvensional, Semi Sistem, dan Sistem (PERI) Pada Kolom Gedung Bertingkat, Jurnal Karya Teknik Sipil Vol.6 no.1 2017.

Ibrahim, H. Bachtiar. (2009): Rencana dan Estimate Real of Cost. PT. Bumi Aksara, 2009.

Loganathan, K; Viswanathan, K.E. (2016): A Study Report On Cost, Duration and Quality Analysis of Different Formworks in High-Rise Building, International Journal of Scientific & Engineering Research Vol.7, Issue 4, April 2016.

Pandu, I Made; Agung, I Gusti; Chandra G.A.P. (2018): Analisis Penghematan Biaya Penggunaan Bekisting Pelat Lantai Konvensional Model Panel Pada Bangunan Tipikal (Studi Kasus Pada Proyek Amartha Residence), Jurnal Spektran Vol.6 no.1 Januari 2018.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 11/PRT/M/2013 tentang Pedoman Analisis Harga Satuan Pekerjaan Bidang Pekerjaan Umum.

PT. PP (PERSERO). (2003): Buku Referensi Untuk Kontraktor Bangunan Gedung dan Sipil, Penerbit: PT.Gramedia Pustaka utama, jakarta.

Riko, Irvan; Tarigan, Johannes. (2012): Desain dan Analisa Harga Pelat Satu Arah Dengan Memakai Pelat Komposit Dibandingkan Dengan Pelat Beton Biasa Pada Bangunan Bertingkat, Jurnal, Universitas Sumatera Utara, 2012.

Rininta, Yusroniya. (2014): Analisa Perbandingan Metode Halfslab dan Plat Komposit Bondek Pekerjaan Struktur Plat Lantai Proyek Pembangunan Apartement De Papilio Tamansari Surabaya, Jurnal teknik POMITS Vol.3, no.2, 2014.

Wibowo, M. Agung; Hidayat, Arif. (2017): Analisis Perbandingan Waktu, Biaya, dan Direct Waste Penggunaan Tulangan Konvensional, Wiremesh, dan Floordeck Pada Pekerjaan Plat Lantai, Jurnal Karya Teknik Sipil, Vol. 6, no 3 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441//jrs.2019.V08.i2.01

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rekayasa Sipil

JURNAL REKAYASA SIPIL
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2252-7699
e-ISSN: 2598-5051
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/JRS

email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

.