Siklus Produksi (Cycle Time) Beton Pracetak dengan Metode Beton Self Compacting Concrete (SCC)

Anjas Handayani

Abstract


Saat ini pemerintah sedang menggalakkan pembangunan infrastruktur. Pada prosesnya pekerjaan infrastruktur di area perkotaan sangat membutuhkan kecepatan dan ketepatan pekerjaan konstruksi. Beton pracetak merupakan salah satu hasil produksi beton dalam mendukung proyek konstruksi, dengan tujuan dapat mempersingkat pekerjaan dilapangan. Hal ini dikarena beton pracetak dapat menghemat proses pengerjaan, praktis, dan mutu yang terjaga serta fleksibilitas penggunaan beton yang telah disesuaikan untuk kebutuhan penggunanya. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan beton khusus SCC (seft compacting concrete) yang digunakan pada beton pracetak.

Proses penelitian dilakukan dengan melakukan pengamatan selama proses produksi dengan test case beberapa kali untuk mendapatkan waktu yang paling efektif. Dilanjutkan dengan proses penyebaran kuesioner kepada pada pelaksana pekerjaan produksi di pabrik beton pracetak. Kuesioner akan diolah menggunakan program statistic SPSS untuk mendapatkan hasil variabel – variabel yang mempengaruhi siklus produksi dengan menggunaan beton SCC dalam produksi beton pracetak.

Hasil siklus waktu produksi yang paling efektif adalah 23 jam 30 menit dimana hasil tersebut merupakan proses produksi dimulai dari pekerjaan setting trolley dan tabel pada cetakan (moulding) hingga material pracetak di keluarkan dari cetakan dan dalam dimulai siklus produksi berikutnya. Hasil dari olahan data melalui kuesioner didapakan beberapa variabel yang mempengaruhi siklus produksi dengan penggunaan SCC pada beton pracetak.

Kata kunci : Siklus Waktu, Beton Pracetak, Self Compacting Concrete




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jrs.2020.v09.i1.04

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rekayasa Sipil

JURNAL REKAYASA SIPIL
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2252-7699
e-ISSN: 2598-5051
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/JRS

email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

.