Analisis Kinerja KRL Commuter Berdasarkan Persepsi Penumpang dengan Metode Importance Performance Analysis Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Stasiun Citayam

Nabila Nabila, Mukhlisya Dewi Ratna Putri, Haekal Rifky

Abstract


KRL memiliki banyak keunggulan seperti tarif yang murah, bebas dari kemacetan dan juga memerlukan waktu yang relatif cepat untuk mencapai tujuan. Namun sayangnya, jumlah penumpang yang terus bertambah tidak dapat diimbangi dengan peningkatan fasilitas pelayanan. Hal ini menyebabkan adanya keluhan terhadap keamanan dan kenyamanan yang diterima oleh para pengguna KRL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan Stasiun Citayam berdasarkan Peraturan Menteri No. PM 63 Tahun 2019 Tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Api dan untuk mengetahui atribut penting yang perlu ditingkatkan pada kualitas pelayanan Stasiun Citayam berdasarkan hasil analisis dengan metode IPA (Importance Performance Analysis). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi PT. KAI dalam hal ini khususnya yaitu kepada operator KRL yaitu PT. KCI dalam hal upaya peningkatan fasilitas dan kualitas pelayanan pada Stasiun Citayam serta sebagai bahan masukan dalam menganalisis Standar Pelayanan Minimum angkutan orang dengan Kereta Api. Pada penelitian ini, metode yang digunakan yaitu dengan teknik survei kuisioner baik secara online maupun offline untuk mendapatkan preferensi penumpang terhadap tingkat kinerja dan tingkat kepuasan pada atribut pelayanan. Hasil analisis menghasilkan rata – rata tingkat kepuasan penumpang terhadap kinerja pelayanan berdasarkan Peraturan Menteri No. PM 63 Tahun 2019 Tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Api di Stasiun Citayam adalah sebesar (-0,35). Tingkat kepuasan dengan nilai negatif menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan belum memenuhi harapan penumpang. Dengan analisis Importance Performance Analysis (IPA) didapatkan atribut pelayanan yang perlu ditingkatkan di Stasiun Citayam dengan skala prioritas utama adalah (1) Informasi gangguan keamanan (2) Toilet bersih, terawat, tidak licin & bau (3) Mushola, tempat wudhu bersih, terawat.


Keywords


Keywords: Importance Performance Analysis, Tingkat Kepentingan, Tingkat Kepuasan, Stasiun Citayam, Standar Pelayanan Minimum.

References


Arisma, T. F (2019). “Evaluasi Kinerja Stasiun Kereta Api Rel Listrik Duri Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum”. Tugas Akhir. Universitas Mercu Buana.

Cahyono, Heru (2012). “Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line Dengan Rute Depok-Jatinegara”. Tugas Akhir. Universitas Mercu Buana.

Darmawan (2001). “Teknologi Jalan Rel”. Edisi Pertama. Penerbit Hikayat Dunia. Bandung

Dwiatmoko, H. (2018). “Pengujian Jalur Dan Bangunan Kereta Api”. Edisi Pertama Penerbit Prenada Media. Jakarta

Dwiatmoko, Hermanto. dkk. (2020). “Peran Angkutan Kereta Api Komuter Dalam Meningkatkan Perekonomian Di Wilayah Gerbang Kertasusila”. Penerbit Scopindo Media Pustaka. Surabaya

Dwiatmoko, H. dkk. (2020). “Analysis of Passenger Commuter Train Services Surabaya – Sidoarjo”. International Journal of Society Development and Engagement. Universitas Narotama Surabaya.

Dwi, S. D. (2013). “Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Kereta Api Jember”. Tugas Akhir. Universitas Jember.

Kementerian Perhubungan (2015) “Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. 33 Tahun 2011 tentang Jenis, Kelas Dan Kegiatan Di Stasiun Kereta Api”. Jakarta.

Menteri Perhubungan (n.d.) “Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. 29 Tahun 2011 tentang Persyaratan Teknik Bangunan Stasiun Kereta Api”. (2011). Jakarta.

Meutia, W dan Yuliana, E. (2019). “Analisa Kinerja Fasilitas Pelayanan Stasiun Manggarai Terhadap Kepuasan Penumpang”. Jurnal Infrastuktur.5(2):99-104. Universitas Pancasila.

Oldi, I. D. (2018). “Evaluasi Kinerja Stasiun Tanah Abang Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum”. Tugas Akhir. Universitas Mercu Buana.

Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 63 Tahun 2019. ”Standar Pelayanan minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Api”. 17 Oktober 2019. Jakarta

Pradana, M. F. dkk. (2018). “Evaluasi Pelayanan Stasiun Tangerang Kota Tangerang”. Jurnal Kajian Teknik Sipil Volume 3 Nomor 2. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Putri, U. Y. (2018). “Analisis Tingkat Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Kereta Rel Listrik Ditinjau Dari Sudut Operasional Dan Kepuasan Penumpang (studi kasus commuter line rute Jakarta Kota-Cikarang)”. Tugas Akhir. Universitas Mercu Buana.

Sari, R. R. (2013). “Evaluasi Kinerja Stasiun Kereta Api Berdasarkan Standar Pelayanan Minimum”. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar. Bandung.

Sulistiani, M. W dan Widyastuti, H. (2014). “Evaluasi Kinerja Stasiun Pasar Turi Surabaya”. Jurna Teknik POMITS Vol. 1, No. 1, (2014) 1-4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jrs.2022.v11.i1.05

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rekayasa Sipil

JURNAL REKAYASA SIPIL
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2252-7699
e-ISSN: 2598-5051
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/JRS

email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

.