Analisis Kesesuaian Walk Element Transit Oriented Development

AR Indra Tjahjani, Isna Rahmalia

Abstract


Pembangunan kawasan Transit Oriented Development (TOD) pada suatu wilayah merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan kemacetan lalu lintas. Kawasan Dukuh Atas merupakan lingkungan strategis yang direncanakan menjadi simpul pergerakan transportasi di Jakarta dan di arahkan sebagai pusat perpindahan moda transportasi dengan konsep TOD. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kriteria konsep TOD yang ada pada kawasan Dukuh Atas dan menganalisis kesesuaian karakteristik konsep berjalan kaki dengan kriteria TOD pada kawasan transit Dukuh Atas. Stasiun Dukuh Atas merupakan salah satu dari delapan stasiun MRT yang dikembangkan menjadi kawasan TOD di DKI Jakarta. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ITDP (2017) menggunakan analisa penilaian dengan parameter menyesuaikan Peraturan Menteri ATR/BPN No.16 Tahun 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik Kawasan Dukuh Atas pada elemen Berjalan kaki (WALK) hanya jalur pejalan kaki yang telah sesuai dengan kriteria TOD karena telah dilengkapi tactile, peneduh, dan pelindung untuk kenyamanan dan keamanan para pejalan kaki untuk memudahkan difabel dan tidak terdapat penghalang hambatan untuk para penyandang disabilitas. Maka kawasan transit stasiun Dukuh Atas belum memenuhi standar kriteria elemen Berjalan/Walk karena, hanya kriteria jalur pejalan kaki yang memenuhi dari elemen  tersebut sebesar  87,48%.

Keywords


Pejalan Kaki, Transit Oriented Development, elemen Berjalan Kaki, Dukuh Atas

References


Badan Pusat Statistik, Berita Resmi Statistik No.5, Jakarta, 2020.

Florida Department of Transportation, Florida TOD Guidebook, Florida, 2012.

H. Dittmar and G. Ohland, The New Transit Town, America: Island Press, 2004.

ITDP, TOD Standard, 3rd ed, New York: Institute for Transportation and Development Policy, 2017.

Panduan Rancang Kota (PRK), Pengembangan Koridor MRT Jakarta Tahap 1, MRT Jakarta, 2012.

F. Miro, Sistem Transportasi Kota, Bandung: Tarsito, 1997.

Dinas Perhubungan Kota Bandung, Bandung Urban Mobility Project, Bandung.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Hunian Berbasis Transit (TOD), Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2020.

Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Peraturan Gubernur Nomor 103 Tahun 2007 BAB III pasal 3 Tentang Pengembangan Transportasi, Jakarta, 2007.

Kementrian Pekerjaan Umum, Peraturan Menteri No.20 Tentang Pedoman Penyusunan RDTR dan Peraturan Zonasi Kabupaten/Kota, 2011.

Kementrian Pekerjaan Umum, Peraturan Menteri No.3 Tentang Pedoman Perencanaan, Penyediaan, dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Jaringan Pejalan Kaki di Kawasan Perkotaan, 2014.

Calgary Land Use Planning and Policy, Transit Oriented Development Best Practice Handbook, Calgary: The City of Calgary, 2004.

Department of Infrastructure and Planning, Transit Oriented Development Guide, Queensland: Queensland Goverment, 2010.

P. Calthrope, The Next American Metropolis, New York: Princeton Architectural Press, 1993.

R. Cervero, Transit Oriented Development in The United States : Experiences, Challenges, and Prospects, Washington DC: Transportation Research Board, 2004.

N. A. Kamila, M. N. Putri and E. Martini, "Kriteria Transit Oriented Developmet (TOD) (Studi Kasus : Stasiun Jurangmangu)," 2019.

A. P. Priadmaja, Anisa and L. Prayogi, "Penerapan Konsep Transit Oriented Development (TOD) Pada Penataan Kawasan di Kota Tangerang," Jurnal Arsitektur PURWARUPA, vol. 01, 2017.

J. L. Renne, From Transit- adjacent to transit-oriented development. Local Environment : The International Journal of Justice and Sustainability, New Orleans, 2009.

O. Z. Tamin, Perencanaan dan Permodelan Transportas, Bandung: Intitut Teknologi Bandung, 2000.

D. Watson, A. Plattus and S. R, Time Saver Standards of Urban Design, New York: McGrawHill, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jrs.2023.v12.i1.03

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rekayasa Sipil

JURNAL REKAYASA SIPIL
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2252-7699
e-ISSN: 2598-5051
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/JRS

email: [email protected]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

.