Dampak Pandemi Terhadap Minat Pengguna Transportasi Umum Jakarta
Abstract
Pandemi yang sedang terjadi telah memukul berbagai sektor, termasuk bidang transportasi. Angkutan umum penumpang, barang dan logistik terkena dampak langsung dari pandemi ini. Tidak terkecuali penduduk Jakarta juga turut terkena dampak dari bidang transportasi di masa pandemi, mulai dari kesulitan menggunakan angkutan umum massal untuk mencegah penularan dari virus, hingga kesulitan membeli kebutuhan pokok. Studi ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi terhadap minat penduduk Jakarta akan penggunaan transportasi umum serta faktor-faktor yang memengaruhi. Data yang digunakan dalam proses penelitian adalah jawaban dari responden terhadap kuesioner online yang disebarkan secara acak kepada penduduk Jakarta yang sebelum pandemi biasa menggunakan transportasi umum, serta data sekunder yaitu studi literatur untuk memperkuat teori dan hipotesis. Data yang sudah didapatkan diolah menggunakan software pengolah data statistik dengan metode uji Chi-Square dan uji Kendall Tau-b. Dari hasil penelitian didapatkan hasil perhitungan uji Kendall Tau-b sebesar 0,000 dan nilai keeratan sebesar 0,448 yang berarti ada hubungan tingkat menengah dari minat penduduk Jakarta untuk menggunakan angkutan umum saat pandemi. Didapatkan juga hasil Chi-Square X2hitung kurang dari X2tabel (25,45 < 81,38) yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara minat penduduk Jakarta terhadap angkutan umum selama pandemi dengan penerapan Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darmawan, F. (2019). Analisis Kepuasan Penumpang Terhadap Pelayanan Stasiun MRT Dukuh Atas.
Harijan, Wisnu P, P., Ismiyati, & Narayudha, M. (2012). Evaluasi dan Perencanaan SIstem Feeder Jalan Prof. Soedarto, SH Tembalang,
Semarang. Jurnal Teknik Sipil Universitas Dipenogoro.
Haryono, S. (2010). Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Bus Kota) di Kota Yogyakarta.
Kinasih, R. K., Putri, M. D., & Nabila. (2020). Modified Zero Overloading Policy Impact to Pavement’s Service Life. Jurnal EMACS, 41-46.
Luthfiyah, T. S., & Miro, F. (2020). Pengaruh Covid-19 Terhadap Transportasi di Daerah Jabodetabek.
Menteri Perhubungan Republik Indonesia. (2020, April 9). Peraturan Menteri No PM 18 Tahun 2020. Pengendalian Transportasi Dalam Rangka . Jakarta, DKI Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
Miro, F. (2012). Pengantar Sistem Transportasi. Jakarta: Erlangga.
Morlok, E. (1995). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta: Erlangga.
Oktariansyah, Damayanti, R., Usman, B., & Putra, A. E. (2017). Analisis Kualitas Pelayanan Angkutan Umum (Transmusi) Melalui Kinerja Terhadap Kepuasan Masyarakat di Kota Palembang. In Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol.15 (1).
Rizal. (2012). Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Industri Transportasi Massal Dengan Metode Servqual Studi Kasus Transjakarta Koridor VI (Ragunan-Kuningan). FT UI.
Saribanon, E., Sitanggang, R., & Amrizal. (2016). Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Untuk Meningkatkan Loyalitas.
Tamin, O. (1997). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung.
Yockey, R. D. (2011). SPSS Demystified, a step-by-step guide to successful data analysis. New York: Routledge, Taylor & Francis Group.
Zulyaden. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Terminal di Kota Semarang
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jrs.2025.v14.i1.04
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rekayasa Sipil
	JURNAL REKAYASA SIPIL
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2252-7699
e-ISSN: 2598-5051
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/JRS
email: [email protected]
	
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 








