Perancangan Prototipe Sistem Monitoring Kejernihan Air Dengan Sensor Turbidity Pada Tandon Berbasis IoT

Muhammad Arya Delwizar, Alya Arsenly, Heri Irawan, Muhamad Jodiansyah, Restu Mukti Utomo

Abstract


Air merupakan salah satu sumber yang sangat penting bagi manusia maupun makhluk hidup lainnya. Air digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti mencuci, memasak, mandi serta untuk diminum. Sehingga kita harus mengetahui jenis air yang kita gunakan agar terhindar dari penyakit berbahaya yang bisa saja terdapat pada air yang digunakan. Air yang dibutuhkan sendiri adalah jenis air yang jernih dan bersih serta memiliki kualitas yang baik.  pada umumnya, orang-orang menyimpan air pada tandon sebagai cadangan air bersih untuk digunakan. Terutama pada kota besar seperti Samarinda yang dimana curah hujan yang tinggi sehingga menyebabkan banjir yang membuat air sumur atau PDAM menjadi keruh sehingga kekurangan air bersih. Maka dari itu, tingkat kejernihan dan kekeruhan menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan. Dasar penelitian ini bertujuan untuk dapat melihat tingkat kejernihan udara pada tandon menggunakan sensor turbiditas SKU SEN0189 dan sensor ultrasonik HC SR04 untuk melihat kapasitas dari tandon. Sistem pemantauan yang digunakan berbasis IoT. Kesimpulan dari Kegunaan alat-alat tersebut adalah membantu pengguna untuk dapat melihat kualitas udara di dalam suatu tandon dan dapat diakses dengan mudah melalui pengguna smartphone serta pengguna dapat mengoperasikan pembuangan dan pengisian udara yang dapat dikontrol dalam jarak jauh jika kualitas udara tidak baik atau tidak layak digunakan.


Keywords


Blynk; IoT; Sensor Turbidity; Sensor Ultra Sonic; Selenoid valve; Wemos D1 R2

Full Text:

PDF

References


Yuliza, S.T,M.T, U.N. Kholifah, Robot Pembersih Lantai Berbasis Arduino Uno Dengan Sensor Ultrasonik, Jakarta Barat: Universitas Mercu Buana,Vol.6, No.3, pp. 136-143, Desember 2015.

F. Sirait, F. Supegina, I.S. Herwiansya, Peningkatan Efisiensi Sistem Pendistribusian Air Dengan Menggunakan IoT (Internet of Things), Jakarta Barat: Universitas Mercu Buana, Vol.8, No.3, pp. 234-239, September 2017.

R. Oktafiadi, Sistem Pemantau Kekeruhan Air Dan Pemberi Makan Otomatis Pada Ikan Berbasis Mikrokontroler, Jurnal Ilmu Teknik Elektro Komputer dan Informatika (JITEKI), Vol. 2, No. 1, pp. 7-16, Juni 2016.

M. Kautsar, R. R. Isnanto, E. D. Widianto., Sistem Monitoring Digital Penggunaan Dan Kualitas Kekeruhan Air PDAM Berbasis Mikrokontroler Atmega328 Menggunakan Sensor Aliran Air Dan Sensor Fotodiode, Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer,Vol. 3, No.1, pp. 79-86, Januari 2015.

D. Sasmoko, H. Rasminto, A. Rahmadani, Rancang Bangun Sistem Monitoring Kekeruhan Air Berbasis IOT Pada Tandon Air Warga, Jurnal Informatika UPGRIS,Vol. 5, No. 1, pp. 25-34 2019.

A. Noor, A. Supriyanto, H. Rhomadhona, Aplikasi Pendeteksi Kualitas Air Menggunakan Turbidity Sensor Dan Arduino Berbasis Web Mobile, Jurnal CoreIT, Vol.5, No. 1, pp. 13- 18, Juni 2019.

H. R. Iskandar, Hermadani, D. I. Saputra, H. Yuliana, Eksperimental Uji Kekeruhan air berbasis internet of things menggunakan sensor DFRobot SEN0189 dan MQTT cloud server, Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta, Seminar nasional sains dan teknologi, Oktober 2019.

Y. Efendi, Internet Of Things (IOT) sistem pengendalian lampu menggunakan Raspberry pi berbasis mobile, Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, Vol. 4, No. 1,pp. 2, April 2018.

K. D.Yasa, I G. N. Janardana, I N. Budiastra, Rancang bangin sistem monitoring nilai pH dan kadar kekeruhan air pada kolam ternal kodok lembu berbasis IoT, Jurnal SPEKTRUM,Vol. 7, No. 2, pp 30. Juni 2020.

A. E. Wijaya, R. B. S. Sukarni, Sistem Monitoring Kualitas air mineral berbasis IoT (Internet Of Things) menggunakan Platform Node-Red dan Metode Saw (Siple Additive Weighting), Subang : Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi STMIK Subang,Vol. 12, No. 2, pp. 81-138, Oktober 2019.

A. Siswanto, R. Faldana, Sistem Monitoring Rumah Berbasis Teknologi Cloud Computing, Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, pp. 276-283, September 2014.

S. Ibrahim, Turbidity Measurement Using An Optical Tomography System. International ,Journal of Science and Engineering (IJSE),Vol.5,No.2, pp.66–72, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jte.2021.v12i3.002

Refbacks



Copyright (c) 2021 Jurnal Teknologi Elektro

Publisher Address:
Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
Email: [email protected]
Website of Electrical Engineering
http://teknikelektro.ft.mercubuana.ac.id

p-ISSN : 2086-9479
e-ISSN : 2621-8534
Jurnal URL : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jte
Jurnal DOI: 10.22441/jte

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

The Journal is indexed by: