Analisis Pengembangan Usaha Jasa Salon Kecantikan Di Kota Subang (studi kasus pada Rara Salon & Spa)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang diimplementasikan oleh Rara Salon dan Spa Subang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, dengan narasumber yang terdiri dari pemilik dan karyawan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Berdasarkan analisis SWOT yang dilakukan dengan menggunakan tabel EFAS dan IFAS, diketahui bahwa Rara Salon berada pada posisi Strengths-Opportunities (SO). Hal ini terlihat dari total skor kekuatan sebesar 2,4 yang lebih tinggi dibandingkan total skor kelemahan sebesar 1,1 pada tabel IFAS. Sementara itu, pada tabel EFAS, total skor peluang sebesar 2,3 lebih besar dari total skor ancaman sebesar 1. Strategi bersaing yang paling sesuai berdasarkan analisis SWOT adalah strategi perbaikan diri, yaitu strategi yang memanfaatkan peluang yang ada sambil mempertahankan kekuatan atau keunggulan yang dimiliki oleh Rara Salon.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Badi, K. S. (2015). The Dimensions of Marketing Mix. Management and Organizational Studies, 2(1). https://doi.org/10.5430/mos.v2n1p136
Badan Pusat Statistik Kabupaten Subang. (2024). Kota Subang Dalam Angka. https://subangkab.bps.go.id/id/publication/2024/02/28/f94b743bf1d0b810b6002852/kabupaten-subang-dalam-angka-2024.html
Burhanuddin, I., Baso Riadi Husda, I., & Kesejahteraan Keluarga, P. (2024). YUME : Journal of Management Analisis Pengembangan Usaha Jasa Salon Kecantikan Di Kota Makassar. YUME : Journal of Management, 7(2), 490–496.
Dewi, N. R., Sukardi, S., & Djohar, S. (2018). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Salon XYZ. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 365–376. https://doi.org/10.17358/jabm.4.3.365
Dr. M. Anang Firmansyah, SE., MM. Anita Roosmawarni, SE., M. S. (2019). Kewirausahaan (konsep dan dasar)).
Gomathy, D. C. K. (2023). ORGANIZATIONAL CULTURE AND BUSINESS PROCESS. INTERANTIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC RESEARCH IN ENGINEERING AND MANAGEMENT, 07(05). https://doi.org/10.55041/IJSREM21122
Grech, E. (2018). Kształtowanie wizerunku firmy – zasady metodyczne i studium przypadku gabinetu medycyny i kosmetologii estetycznej Galeria Urody. Prace Naukowe Uniwersytetu Ekonomicznego We Wrocławiu, 543, 32–46. https://doi.org/10.15611/pn.2018.543.03
Išoraitė, M. (2016). MARKETING MIX THEORETICAL ASPECTS. International Journal of Research -GRANTHAALAYAH, 4(6), 25–37. https://doi.org/10.29121/granthaalayah.v4.i6.2016.2633
Kim, Y.-J., Lee, J.-H., Lee, S.-G., & Lee, H.-H. (2021). Developing Sustainable Competitive Strategies in the Beauty Service Industry: A SWOT-AHP Approach. Sustainability, 13(19), 10852. https://doi.org/10.3390/su131910852
Klick, J., & Stratmann, T. (2008). Do Spa Visits Improve Health: Evidence From German Micro Data. Eastern Economic Journal, 34(3), 364–374. https://doi.org/10.1057/palgrave.eej.9050038
Kotler, Philip, & Armstrong. (2004). Dasar-dasar Pemasaran (Kesembilan). PT. Indeks, Jakarta.
Murrugarra Retamozo, B. I. (2024). Border surveillance: biometric technologies and personal data in Latin American migration. Epistemia Revista Científica, 8(2), 1–16. https://doi.org/10.26495/erc.2820
Netrawati, I. G. A. O., Permadi, I. G. A. D. E., Oktiani, A., Fitri, S. M., Sari, N. W. N., Yuliartika, D., & Shanianingrat, S. (2024). PERANAN PROMOSI PRODUK DAN PELAYANAN KLIEN DALAM RANGKA PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA PADA SASH BEAUTY STUDIO DI KOTA DENPASAR. Devote : Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.55681/devote.v3i1.2528
Rohmah, H. M., Sunaryo, & Suryadi, N. (2023). The Effect of Product Quality and Distinctiveness on Consumer Loyalty Mediated by Consumer Satisfaction. International Journal of Science and Society, 5(2), 449–465. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v5i2.709
Ummah, M. S. (2019). Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) Riau Pos dalam mempertahankan Pelanggan. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Williams, P., & Cutler, S. (2020). Qualitative Methods and Analysis. In Medical Imaging and Radiotherapy Research: Skills and Strategies (pp. 323–359). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-37944-5_16
Winarno, F., & Agustinah, W. (2007). Herba dan Rempah Bagi Pengobatan, Kosmetika dan Spa. Bogor: M-BRIO PRESS.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/marcommers.v14i1.32390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Marcommers : Jurnal Marketing Communication and Advertising
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Gedung C Lt. 2, Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Telepon: 021-5840816 Ext. 5411/5400 Faksimil : 021-5670341
p-ISSN: 2086-5619
e-ISSN : 2714-5255
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/marcommers
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.