City Branding dan Identitas Visual Kota Tanggerang di Instagram: Kajian Competitive Identity

Suneni Suneni, Marwan Mahmudi, Zahrotul Umami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi elemen Competitive Identity dalam foto dan teks yang diunggah oleh akun Instagram @abouttng sebagai bagian dari strategi City branding Kota Tanggerang. Metode yang digunakan adalah analisis isi kuantitatif deskriptif terhadap 50 unggahan selama periode Januari - Maret 2022. Enam elemen Competitive Identity yang digunakan mengacu pada teori Simon Anholt (2007), yaitu tourism, people, culture, investment, policy, dan brand. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen Tourism Promotion dan People merupakan elemen yang paling dominan dalam konten caption dan gambar. Sementara elemen Exporting Brands tidak ditemukan sama sekali. Temuan ini mencerminkan kecenderungan city branding digital di Indonesia yang masih berfokus pada aspek pariwisata dan komunitas, namun belum secara optimal menampilkan narasi ekonomi lokal dan kebijakan. Penelitian ini menyimpulkan pentingnya perencanaan komunikasi visual yang strategis dan seimbang Dalam membangun citra kota yang kompetitif melalui media sosial.

Keywords


Competitive Identity; City Branding; Instagram; Komunikasi Visual; Tanggerang

Full Text:

PDF

References


Anholt, S. (2007). Competitive Identity: The New Brand Management for Nations, Cities and Regions. Palgrave Macmillan.

Chentya, W., Vidyarini, T. N., & Monica, V. (2019). Implementasi Competitive Identity Kota Surabaya (Analisis Isi pada Facebook “Bangga Surabaya”). Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 55–65.

Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.

Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia. We Are Social & Hootsuite. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Lestari, P. S., & Nuryati, Y. (2021). Visual Storytelling dan Emotional Branding pada Media Sosial Instagram Brand Lokal Indonesia. Jurnal Marcommers, 2(1), 45–56.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika.

Mulyana, D. (2013). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.

Romli, A. S. (2012). Cyber Public Relations dan Cyber Journalism. Elex Media Komputindo.

Ruslan, R. (2018). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Rajawali Pers.

Anholt, S. (2007). Competitive Identity: The New Brand Management for Nations, Cities and Regions. Palgrave Macmillan.

Chentya, W., Vidyarini, T. N., & Monica, V. (2019). Implementasi Competitive Identity Kota Surabaya (Analisis Isi pada Facebook “Bangga Surabaya”). Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 55–65.

Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.

Holsti, O. R. (1969). Content Analysis for the Social Sciences and Humanities. Addison-Wesley.

Kemp, S. (2022). Digital 2022: Indonesia. We Are Social & Hootsuite. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Krippendorff, K. (2004). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (2nd ed.). Sage Publications.

Lestari, P. S., & Nuryati, Y. (2021). Visual Storytelling dan Emotional Branding pada Media Sosial Instagram Brand Lokal Indonesia. Jurnal Marcommers, 2(1), 45–56.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika.

Mulyana, D. (2013). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.

Neuendorf, K. A. (2017). The Content Analysis Guidebook (2nd ed.). Sage Publications.

Neuman, W. L. (2013). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Pearson.

Pradana, A., & Wahyuni, E. S. (2020). Strategi Komunikasi Branding Kota dalam Media Sosial Pemerintah Daerah. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5(1), 10–25.

Riffe, D., Lacy, S., & Fico, F. G. (2014). Analyzing Media Messages: Using Quantitative Content Analysis in Research (3rd ed.). Routledge.

Romli, A. S. (2012). Cyber Public Relations dan Cyber Journalism. Elex Media Komputindo.

Ruslan, R. (2018). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Rajawali Pers.

Wimmer, R. D., & Dominick, J. R. (2011). Mass Media Research: An Introduction (9th ed.). Wadsworth Cengage Learning.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/marcommers.v14i1.33859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Marcommers : Jurnal Marketing Communication and Advertising
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Gedung C Lt. 2, Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Telepon: 021-5840816 Ext. 5411/5400 Faksimil : 021-5670341
p-ISSN: 2086-5619
e-ISSN : 2714-5255

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/marcommers

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: