Desain Ulang Implementasi Jaringan Fiber To The Home (FTTH) Berbasis GPON Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Abstract
Industri Telekomunikasi GPON di Indonesia berkembang sangat pesat, ditandai oleh persaingan yang ketat antara penyedia layanan paket internet, yang membuat setiap pelaku bisnis di industri telekomunikasi GPON berusaha mempertahankan pelanggannya dan menjangkau pelanggan baru untuk memastikan kelangsungan hidup perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, harga paket, kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan, yang kemudian mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan terhadap paket internet tricara. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan 100 (seratus) kuesioner di wilayah Kota Baru Parahyangan Bandung. Data yang diperoleh diproses melalui pemodelan Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi SmartPLS dengan hasil bahwa yang berpengaruh positif dan tidak singnifikan adalah variabel Kualitas pelayanan teradap teradap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan teradap loyalitas pelanggan, variabel kualitas produk teradap kepuasan pelanggan, harga paket teradap loyalitas pelanggan sedangkan variabel yang perpengaruh positif dan signifikan adalah harga paket teradap kepuasan pelanggan, kualitas pelanggan teradap loyalitas pelanggan, kualitas produk teradap loyalitas pelanggan. Sedangkan hasil smartpls dari outer weight dan besar pengaruh kualitas pelayanan, harga paket dan kualitas produk teradap loyalitas pelanggan sebesar 0,607 atau 60,7% dan besarnya pengaruh kualitas pelayanan, harga paket dan kualitas produk teradap kepuasan pelanggan sebesar 0,557 atau 55,7%. sehingga didapat nilai Q-Square sebesar 0,826 Hal ini menunjukkan besarnya keragaman dari data penelitian yang dapat dijelaskan oleh model penelitian adalah sebesar 82,6%, sedangkan sisanya 17,4% dijelaskan oleh factor lain yang berada diluar model penelitian ini. Dengan demikian, dari hasil tersebut maka model penelitian ini dapat dinyatakan telah memiliki goodness of Fit yang baik. Dan desain ulang implementasi FTTH untuk meningkatkan performance teradap kualitas pelayanan dan kualitas produk berbasis GPON
Full Text:
PDFReferences
Andi Wahju Rahardjo. (2016). Petunjuk Praktis Metode Penelitian Teknologi Informasi.
Adi Nugroho S (L2F 007 001). (2007). Teknologi Gigabit-Capable Passive Optical Network (Gpon) sebagai Triple Play Service.
Andrew Wijaya, Prof. Dr. Hatane Semuel. S.E., M.S dan Edwin Japarianto, S.E., M.M , (2013). Analisa Pengaruh Perceived Quality Terhadap Perceived Value Konsumen Pengguna Internet Mobile XL di Surabaya
Ariane chaterina natalia telan. (2011). Analisis pengaruh faktor teknologi, kualitas layanan, dan fokus pelanggan terhadap kepuasan pelanggan (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina di Semarang).
Adi Kurniawan (2012) yang berjudul Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pos express di PT. Pos IndonesiaA (Persero) Kantor Pos Cukir.
Basrah Saidani. (2012). Pengaru Kualitas Produk dan Kualitas Layanan teradap kepuasan konsumen dan minay beli pada Ranch Market.
Darmawan Wibisono. (2013). Panduan Penyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi
DeVrye, Catherine. (2001) Good Service is Good Business (7 Strategi sederhana menuju Sukses), Jakarta: PT. Gramedia
Frank D. Petruzella. (2001) Elektronik Industri (Keselamatan Industri and PLC, sistim control dan pengendali
Hartono Subagio dan Robin Saputra. (2012). Pengaruh perceived service quality, perceived value, satisfaction dan image terhadap customer loyalty (studi kasus Garuda Indonesia).
Imam Ghozali. And Hengky Latan (2014). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan Program SmartPLS 3.0
Imam Ghozali. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Parial Least Squares.
Ichsan Dwi Armanto (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Teradap Kepuasan Pelanggan Indihome Triple Play.
Jogiyanto HM. (2018). Pedoman Surve Kuesioner: Mengembangkan Kuesioner, Mengatasi Bias dan Meningkatkan Respon.
Jogiyanto HM. (2017). Membangun IT Savvy Untuk Menjadi Organisasi Digital Master
Marsha Novella Putri dan Arry Widodo. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Teradap Kepuasan Pelanggan Indihome Pada Wilayah Antapani Kota Bandung
Morissan. (2012). Metode Penelitian Surve.
Okta Nur Theo Yuwana. (2017). Perancangan jaringan fiber to The Home (PTTH) Dengan Teknologi GPON Di Kecamatan Cibeber Kota Cilegon. Skripsi.
Purbo. Unno W. (2017). Internet – TCP/IP Konsep dan Implementasi
Ratlan Pardede. Renhard Manurung (2014). Analisis Jalur (Path Analysis) Teori dan Aplikasi Dalam Riset Bisnis.
Sunarsan Sitohang (2018). Implementasi Fiber to The Home (FTTH) dengan teknologi GigaBit Passive Optical Network (GPON)
Slamet Purwo S and Tri Andriyanto (2018). Perencanaan Jaringan FTTH Dengan Teknologi GPON di Perumahan Bumi Dirgantara Permai. Jurnal Electro vol.1.
Sri Lestari (2018). Analisi Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Teradap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Pada MNC Play Jakarta
Sulaiman. (2018) Strategi Bauran Pemasaran Internet di PT Indo Internet Jakarta Untuk meningkatkan Pasar.
Sarini Kodu. (2013). Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengarunya teradap Kepuasan Pembelian Mobil Toyota Avanza.
Philip Kotler and Kevin Lane Keller. (2018). Manajemen Pemasaran (pemasaran Barang, jasa, property, even, informasi, gagasan dan organisasi.
Umi Narimawati. (2019). Ragam Anlisis Dalam Metode Penelitian
Willy Abdillah. (2018) Metode Penelitian Terpadu Sistem Informasi-pemodelan teoritis Pengukuran dan Pengujian Statistik.
Yesenia (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Produk terhadap Kepuasan serta Loyalitas Pelanggan Kentucky Fried Chicken di Tangerang Selatan.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/MBCIE.2022.009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Mercu Buana Conference on Industrial Engineering
Journal ISSN:
e-ISSN | |
2988-4284 |
Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering
Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/
The Journal is Indexed and Journal List Title by:
in Collaboration with: