Analisa Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Dalam Menentukan Alternatif Strategi Untuk Covid 19 Epidemic di Perusahaan Manufactur Sub Sektor Makanan Dan Minuman

Jeanry Endriliyan Suprayogi, Jakfat Haekal

Abstract


Industri makanan dan minuman menjadi salah satu sektor manufaktur yang diandalkan dalam memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Sejak awal tahun 2020, dunia dihebohkan dengan adanya wabah virus corona yang berasal dari China. Dampak Covid-19 memukul berbagai sendi kehidupan manusia, tidak terkecuali industri makanan dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal apa saja yang menjadi kekuatan kelemahan dan faktor eksternal apa saja yang menjadi peluang dan ancaman untuk menentukan alternatif strategi untuk covid 19 epidemic di perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman. Mengetahui strategi pemasaran yang tepat untuk mengembangkan perusahaan berdasarkan analisa SWOT. Mengetahui alternatif strategi yang tepat berdasarkan analisa QSPM. Hasil analisis matriks SWOT dengan analisis model kuantitatif perumusan yang efektif yaitu strategi SO, menggunakan kekuatan (strength) untuk memanfaatkan berbagai peluang (opportunities) maka implementasi strategi SO adalah memperluas pangsa pasar, mempertahankan dan meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan dan meningkatkan kualitas produk. Berdasarkan hasil menggunakan metode QSPM bahwa alternatif strategi yang sesuai dengan kondisi pada saat ini adalah pengembangan produk dengan cara meningkatkan kreatifitas

Keywords


SWOT; QSPM; Strategi; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Alamanda, D. T., Anggadwita, G., Raynaldi, M., Novani, S., & Kijima, K. (2019). Designing Strategies using IFE, EFE, IE, and QSPM analysis: Digital Village Case. The Asian Journal of Technology Management, Vol. 12 (1), 48-57.

David, F. R. (2010). Strategic Management. Manajemen Strategis. Edisi Keduabelas, Buku Satu. Jakarta: Salemba Empat.

Doremalen, N. V., Bushmaker, T., Morris, D. H., Holbrook, M. G., Gamble, A., Williamson,

B. N., Tamin, A., Harcourt, J. L., Thornburg, N. J., Gerber, S. I., Lloyd-Smith, J. O., de Wit, E., & Munster, V. J. (2020). Aerosol and Surface Stability of SARS-CoV-2 as Compared with SARS-CoV-1. The New England journal of medicine, [online] Vol. 382 (16), Hal. 1564–1567. Diakses pada: https://doi.org/10.1056/NEJMc2004973

Erlich. (2020). COVID-19 (Novel Coronavirus). Diakses pada: https://www.dynamed.com/condition/covid-19-novel-coronavirus/

Fandy, T. (2009). Strategi Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV. Andi

Haekal, J., Hanum, B., & Prasetio, D. E. P. (2020). Application of Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) For Determination of Alternative Strategies in Food and Beverage SMES in Bogor Indonesia. Journal of Scientific and Engineering Research. Vol. 7 (7), 137-145.

Husein, U. (2008). Strategic Management In Action. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Kotler, P. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid 1. Edisi Keduabelas.

Jakarta: Erlangga.

Mas, E., Agustina, F., & Pranoto, Y. S. (2018). Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Kerajinan Rotan yang Berbasis Potensi Lokal (Studi Kasus : Di Desa Delas Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan). Jurnal PASTI, Vol. XII (3), 339

– 348

Prayudi, I., Wisnubroto, P., & Susetyo, J. (2019). Analisis strategi pemasaran Eva Boutique dengan metode SWOT dan QSPM. Jurnal REKAVASI, Vol. 7 (2), 33-40.

Rangkuti, F. (2015). ANALISIS SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Safitri, S. & Almahdy, I. (2017). Studi Perencanaan Strategis Dengan Pendekatan QSPM pada Industri Minuman Sari buah. Jurnal Pasti. Vol. XII (3), 272-282.

Setyorini, H., Effendi M., & Santoso I. (2016). Analisa strategi pemasaran menggunakan matriks SWOT dan QSPM (Studi kasus: Restoran WS soekarno Hatta Malang). Jurnal Teknologi dan manajemen agroindustri: Universitas Brawijaya Malang, Vol 5 (1), 46-53.

Soekresno. (2000). Management Food and Beverage, Service Hotel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Sugiyono. (2009). Statisktika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Supranto, J. (2003). Metode Riset Aplikasi Dalam Pemasaran. Edisi Revisi Ketujuh. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Swasta, B. & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Tavana, M., & Neyestani, M. S. (2018). Neighborhood Environment Quality Improvement

with Community Participation Approach and Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Technique (Case study: Cyrus Neighborhood, Tehran, Iran). International Journal of Architecture and Urban Development, Vol. 8 (1), 11-24.

Tehrani, M. M. E. (2017). Analyzing Strategic Factors Associated with Issuance of Environmental Liability Insurance Policy in Developing Countries using SWOT and QSPM. International Journal of Environmental Science and Development, Vol. 8 (5), 359-365

Waluko, M. I., & Pangemanan, S.A. (2015). Developing Competitive Strategic Model Using Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Approach for Handicrafts Ceramic Industry in Pulutan, Minahasa. Journal International Procedia - Social and Behavioral Sciences, Vol. 211, 688-695.

WHO. (2020). Pertanyaan jawaban terkait COVID-19 untuk publik. Diakses pada: https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Fakultas ilmu adminitrasi : Universitas Brawijaya Malang, Vol 29 (1), 59-66.

Wijayanti, T. (2017). Marketing Plan Dalam Bisnis. Jakarta: PT Elex Media Kompotindo.

Yumanda, S. (2009). Strategi Pemasaran Keripik Singkong Industri rumah Tangga Cap

Kelinci di Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang. [Skripsi] Universitas Sumatra Utara Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/MBCIE.2022.022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by:

 

 

in Collaboration with: