Analisis Preventive Maintenance Mesin PSD Untuk Meningkatkan Kehandalan Dengan Metode Reliability- Centered Maintenance di MRT Jakarta

Ahmad Ramadhan, Ida Bagus Indra Widi K, Eko Widodo Gustany

Abstract


Salah satu metode yang harus digunakan selama operasi pemeliharaan preventif dikenal sebagai pemeliharaan yang berpusat pada keandalan (RCM). Strategi ini digunakan untuk menjamin bahwa setiap komponen dapat berfungsi sesuai rancangannya atau untuk memutuskan perbaikan yang lebih efisien. Departemen dengan cara ini digunakan dengan tujuan untuk menentukan dan memastikan bahwa tindakan yang perlu dilakukan oleh suatu perusahaan tertentu dalam proses melakukan tindakan pencegahana. Dengan cara ini, perusahaan dapat memastikan bahwa karyawannya bekerja sesuai dengan fungsi yang ada di dalamnya. Melakukan analisis terhadap makna yang mungkin diperoleh dari data yang dikumpulkan merupakan tahap selanjutnya dalam proses pemeliharaan yang berpusat pada keandalan (RCM). Berdasarkan temuan tersebut, dilakukanlah perawatan preventif, kemudian bongkar komponen yang mengalami kerusakan. Tahap terakhir adalah menggabungkan semua penelitian yang telah dilakukan mengenai tingkat stres suatu komponen sebelum dan sesudah pemeliharaan preventif dan kemudian menawarkan data kepada pemilik untuk penyelidikan lebih lanjut.


Keywords


Preventive Maintenance; Reliability Centered Maintenance (RCM)

Full Text:

PDF

References


Ansori, N & Mustajib, M. I. (2013). Sistem Perawatan Terpadu. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Assuri, A. (2008). Pengertian dan Fungsi Pengawasan Proses Produksi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

B Yssaad, A. A. (2015). Rational Reliability Centered Maintenanace Optimization for Power Distribution systems. International Journal of Electrical Power & Energy System 73, 350–360.

Bangun, W. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Dhillon, B. S. (2002). Engineering Maintenance a Modern Approach. New York: CRC Press LLC.

Emovon, I., & Chinedum, O. (2018). Machinery/Service System Scheduled Replacement time determination: A combine Weighted Aggregated Sum Product Assesment, Additive Ratio Assessment and Age Replacement Model approch. International Journal of Integrated Engineering, 10 (1), 169– 175.

Heizer, J., and Render, B. (2006). Operation Management (ke-7). Salemba Empat: Jakarta.

Joel Igbaa, b, et al. (2013). A Systems Approach towards Reliability-Centred Maintenance (RCM) of Wind Turbines. Procedia Computer Science 16, 814 – 823.

Kurniawan, F. (2013). Manajemen Perawatan Industri Teknik dan Aplikasi Implementasi Total Producitive Maintenance (TPM). Preventive Maintenance dan Reability Centred Maintenance (RCM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Massomeh Zeinalnezhd, dkk. (2020). Critical Success Factors of the Realibility Centered Maintenance Implementation in the Oil and Gas Industry. Symmetry, 12(10), 1585: https://doi.org/10.3390/sym12101585

MM, Ir. Danur, dkk. (2017). Penerapan Reliability Centered Maintenance (RCM) pada Mesin Ripple Mill.

JISI: JURNAL INTEGRASI SISTEM INDUSTRI, 4, 27–34.

Ngadiyono, Yanti. (2010). Pemeliharaan Mekanik Industri. Kementerian Pendidikan Nasional Universitas Negeri Yogyakarta.

Noor Ahmadi, H. N. (2017). Analisis Pemeliharaan Mesin Blowmould dengan Metode RCM di PT. CCAI.

Jurnal Tenik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pancasila.

Rosemary A. Norman, dkk. (2016). Elements of Maintenance Systems and Tools for Implementation Within the Framework of Reliability Centred Maintenance- A Review. Journal of Mechanical Engineering and Technology 8(2), 1–34.

Suryono, M. A. E. and Rosyidi, C. N. (2018). Reliability Centered Maintenance (RCM) Analysis of Laser Machine in Filing Lithos at PT X. 10P Confrence Seris: Materials Science and Engineering, 1(309).

Widyaningsih, S. A. 2011. (2011). Peranacangan Penjadwalan Pemeliharaan pada Mesin Produksi Bahan Bangunan untuk Meningkatkan Kehandalan Mesin dengan Metode Reliablity Centered Maintenenace (RCM). Fakultas Teknik- Universitas Indonesia Depok


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by:

 

 

in Collaboration with: