Penerapan Green & Smart Learning dengan Simulator Las di SMKN 68 Jakarta

Indra Rizky Ramadhan, Putra Darmawan, Bagus Ilyas Ramadhan, Sarjono Sarjono, Suhaeri Suhaeri

Abstract


Konsep 5R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace, Repurpose) pada Green Manufacturing bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas serta menciptakan keberlanjutan yang ramah terhadap lingkungan.  Pada proses pembelajaran praktik pengelasan di Workshop Teknik Pengelasan SMKN 68 Jakarta, ditemukan metode pembelajaran saat ini menyebabkan pemborosan material, konsumsi energi listrik yang tinggi, serta polusi yang signifikan. Pemborosan paling besar terjadi pada proses pembelajaran praktik kelas sepuluh dan sebelas di pekerjaan pengenalan pengelasan. Setiap tahunnya workshop pengelasan memerlukan penggunaan bahan praktik mencapai 7320 kg baja dan konsumsi listrik yang mencapai 25.380,9 kWh per bulan. Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan penggunaan simulator las dengan teknologi Augmented Reality (AR) untuk penerapan 5R dengan konsep Green and Smart Learning.  Data diperoleh dengan wawancara, observasi langsung serta dokumentasi kondisi saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan simulator las berbasis Augmented Reality (AR) dapat menggantikan mesin las konvensional untuk tahap pengenalan pengelasan. Penerapan simulator ini ditargetkan dapat mengurangi penggunaan material praktik dari 7320 kg menjadi 4170 kg per tahun, menurunkan konsumsi listrik dari 25.380,9 kWh menjadi 16.256,7 kWh per bulan, serta mengurangi polusi asap.  Penerapan Green & Smart Learning dengan penggantian mesin las konvensional dengan simulator las berbasis AR dapat mendukung konsep pembelajaran yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.


Keywords


Green Manucafturing; Cost and Energy Reduction; Efficiency; Augmented Reality; Green Learning; Smart Learning;

Full Text:

PDF

References


Bocevska, A. (2016). Implementation of Augmented Realityini CAD Design. Journal of emerging Research and Solution, 26-31.

F.N. Rusli, A. Z. (2019). A Study of students motivation in using the moblie arc welding learning app. International Journal Interact Mob. Technol., 89-105.

Fangming, Y. (2019). Real Time Construction of 3D Welding Torch in Virtual Space for Welding Training Simulator. International Journal Engineering and Manufacturing, 34-45.

Filya, N. P. (2023). Penerapan Green Businness pada toko ritel dalam upaya mengurangi pencemaran lingkungan. Synergy Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 19-25.

Firdaus, H. J. (2019). Development of Learnng Modules Manual Shield Metal Arc Welding (SMAW) with Service Learning Approach. International Reaserch Journal of Advanced Engineering and Science, 247-251.

Ismail, M. M. (2021). VR Welding Kit: Welding Training Simulation in Mobile Virtual Reality using Multiple Tracking Method. Journal of Advanced Computing Technology and Application (JACTA), 1-8.

Kustanti, E. H., Roshayanti, F., Khoiri, N., & Siswanto, J. (2023). Potensi Penerapan Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembelajaran Teknologi Ramah Lingkungan di SMP Negeri 2 Selopampang. Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidikan, 59-65.

Mutawakil Husaini, Q. R. (2023). Sustainable Development as the basis for environmental education in developing green school. Ilmuna:Jurnal Studi Pendidikan Agama, 92-111.

Nasution, N. P. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Education for Sustainable Development pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Menengah Pertama. The Indonesian Journal of Social Studies, 13-20.

Papakostas, C. T. (2022). User Acceptance of Augmented Reality Welding Simulator in Engineering Training. Educ inf Techno, 791-817.

Purnomo, T. D. (2024). The Innnovation of Welding Virlab Apps for Prepracticum Students to Improve Learning Experience. Educational Administration: Theory and Practice, 6674-6683.

Purwanto, S., Wuryandari, N. E., & Hasana, R. A. (2024). Plastic Recycle in Circular Economy: Economic & Enviromental Improvement. International Journal of Economic Literature (INJOLE), 1571-1581.

Rachman, T. (2023). Application of Environmentally Friendly Technology in the Welding Process. Collaborate Engineering Daily Book Series, 92-99.

Segara, N. (2015). Education for Sustainable Development (ESD) sebuah upaya mewujudkan kelestarian lingkungan . Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 22-30.

Shankhwar, K. C. (2022). A Visuo Haptic Extended Reality-based training system for hands-on manual metal arcc welding training. International Journal Adv Manuf Technol, 249-265.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/MBCIE.2024.032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by:

 

 

in Collaboration with: