Menyusun Standar Kualitas Pada Industri Katering Aqiqah Dengan SERVQUAL

Arfin Yusa Afriyanto, Hasbullah Hasbullah

Abstract


Produk atau jasa pada suatu industri memiliki atribut berkaitan dengan kualitas yang digunakan sebagai alat ukur. Artikel ini memiliki tujuan untuk menyusun instrument untuk mengukur standar kualitas terhadap industri katering khususnya pada aqiqah. Metode yang digunakan terdiri dari FGD untuk menyusun instrument SERVQUAL. Instrument tersebut akan diteliti terhadap pelanggan untuk menemukan voice of customer sehingga tersusun instrument kualitas pada industri katering aqiqah. Batasan penelitian ini hanya untuk menyusun instrument standar kualitas berdasarkan voice of customer. Sample yang digunakan pada penelitian ini merupakan salah satu usaha aqiqah di Kabupaten Tangerang. Sample terdiri dari pelanggan usaha tersebut. Berdasarkan hasil dari  penelitian, instrument yang disusun dapat digunakan untuk mengembangkan kualitas pada usaha tersebut. Hal ini didasari oleh nilai median pada seluruh instrument yang disusun memiliki nilai 4 (setuju). Sedangkan instrument keramahan, klasifikasi harga dan fasilitas yang lengkap memiliki nilai median 5 (sangat setuju). Dengan begitu instrument kualitas aqiqah yang telah disusun dapat digunakan untuk mengukur kualitas pada usaha tersebut.


Keywords


FGD; Katering; SERVQUAL; Voice of Customer

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R. (2021, December 7). Bisnis Kambing untuk Aqiqah Capai Rp6,1 Triliun, Menkop UKM: Itu Besar Sekali . IDXChannel. https://www.idxchannel.com/economics/bisnis-kambing-untuk-aqiqah-capai-rp61-triliun-menkop-ukm-itu-besar-sekali

Ariani, D. W. (2020). Manajemen Kualitas. Universitas Terbuka. https://repository.ut.ac.id/4792/

Ayuningrum, F. T., & Indonesia. Badan Pusat Statistik. (2023). Proyeksi penduduk Indonesia 2020-2050 : hasil sensus penduduk 2020. Badan Pusat Statistik. https://webapi.bps.go.id/download.php?f=qiN0CzU0rxxSBKkKdlqIbD3UHVt/i6gm08BEHJL6NMdWQg0z0hOe80JGtck27G4CnvSnvWPpGZxztuklJDzLUkoY+FQbHlSckdMhxY/88b+VnfKQk0+PZnGGBNzEVgRqgY32LBaGas7T8DJIgp/r5p2h1/g/JuY0Zgv/Dakhehs1erGHVzN0udQz/GMfA/yBn8YUpzgh5/H7PtCZSJhYXNsUlvPM3ksuV8wm5VvOk491qOcQqJx8jCT9Swk5ED56wAnYzhixOrvrzwV5LbXSWQ85Xz7PdPDjkuS3ercfMuw/sGuduE8LDHLhvedCt2/H

Bernal, L., Dornberger, U., Suvelza, A., & Byrnes, T. (2009). Quality Function Deployment (Qfd) For Services Handbook. Universitat Leipzig.

Bisnis Corner. (2022). Presiden Aspaqin Sebut Potensi Bisnis Aqiqah Menjanjikan. https://www.bisniscorner.com/2022/01/26/presiden-aspaqin-sebut-potensi-bisnis-aqiqah-menjanjikan/

Caruana, A. (2002). Service loyalty. European Journal of Marketing, 36(7/8), 811–828. https://doi.org/10.1108/03090560210430818

Dyana, N., Budiharti, N., & Galuh, H. (2020). Analisis Qfd (Quality Function Deployment) Untuk Perbaikan Produk Thai Tea Merek Kaw-Kaw Di Ukm Waralaba Di Landungsari, Malang. Jurnal Valtech, 3(2), 153–159. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/valtech/article/view/2768

Erdil, N. O., & Arani, O. M. (2019). Quality function deployment: more than a design tool. International Journal of Quality and Service Sciences, 11(2), 142–166. https://doi.org/10.1108/IJQSS-02-2018-0008

H. Abd. Muis W, R. J. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Acara Aqiqah Di Desa Teluk Sialang Kecamatan Tungkal Ilir. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(2), 52–65. https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/198

Iqbal, Z., Waheed, M., & Rajab, M. (2021). Improving Customers Satisfaction through Significance of Technical Attribute in QFD Studies. Journal of Business and Social Review in Emerging Economies, 7(2), 415–432. https://doi.org/https://doi.org/10.26710/jbsee.v7i2.1706

Jumlah Penduduk Menurut Agama. (2021). Retrieved from Satu Data

Kementerian Agama RI: https://satudata.kemenag.go.id/dataset/detail/jumlah-penduduk-menurut-agama

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 49(4), 41. https://doi.org/10.2307/1251430

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL A Multiple-item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–39. https://www.researchgate.net/publication/200827786

Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa, Desain Servqual, QFD, dan Kano. Penerbit Indeks Jakarta.

Wolniak, R. (2018). The use of QFD method advantages and limitation. Production Engineering Archives, 18(18), 14–17. https://doi.org/10.30657/pea.2018.18.02

Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1996). The Behavioral Consequences of Service Quality. Journal of Marketing, 60(2), 31–46. https://doi.org/10.2307/1251929




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/MBCIE.2024.033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by:

 

 

in Collaboration with: