Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pemasaran Pada Kedai Panasea Binong

Fadhil Fahlefi Koswara, Ahmad Jalaludin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bisnis Kedai Panasea dengan mengevaluasi aspek pemasarannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, mengumpulkan data primer melalui wawancara dengan pemilik Kedai Panasea untuk memahami strategi penjualan yang diterapkan dan mendapatkan saran untuk pemasaran produk. Data sekunder dikumpulkan dari penelitian terdahulu yang relevan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan pendekatan non-keuangan, dengan menilai strategi bauran pemasaran, termasuk produk, harga, distribusi, dan promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kedai Panasea layak untuk dijalankan dari perspektif non-keuangan, terutama dalam hal pemasaran. Kedai ini memenuhi indikator bauran pemasaran, dengan menu yang memiliki merek yang menarik dan kemasan yang kreatif. Strategi penetapan harga selaras dengan pasar, memastikan keterjangkauan harga. Strategi distribusi dan promosi, baik secara offline maupun online, sudah memadai. Penelitian ini merekomendasikan agar Kedai Panasea memperluas jangkauan pemasarannya dengan mengintensifkan strategi distribusi dan promosi, membuka cabang di luar lingkungan kampus, dan mengoptimalkan media sosial dan layanan pesan antar online.


Keywords


Marketing Aspect; Descriptive Method; Qualitative

Full Text:

PDF

References


Aliefah, A. N., & Nandasari, E. A. (2022). Analisis Kelayakan Bisnis Ditinjau dari Aspek Pemasaran dan Keuangan Pada Kedai Olan’z Food Kebumen. LABATILA : Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 6(01), 40–56. https://doi.org/10.33507/labatila.v5i02.475

Andirwan, A., Asmilita, V., Zhafran, M., Syaiful, A., & Beddu, M. (2023). Strategi Pemasaran Digital: Inovasi untuk Maksimalkan Penjualan Produk Konsumen di Era Digital. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.62861/jimat

Celhay, F. &Trinquecoste, J.F. (2015) “Package graphic design: investigating the variables that moderate consumer response to atypical designs”, Journal of Product Innovation Management, Vol. 32 No. 6, pp. 1014-1032.

Christine, M. Y. (2023). ANALISIS KELAYAKAN BISNIS DITINJAU DARI ASPEK PEMASARAN DAN KEUANGAN PRODUK UMKM UYAH PENCOK BANJARBARU. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 9(1), 103–109. https://doi.org/10.35972/jieb.v9i1.1124

Darmawan, F. W., Chumaidiyah, E., & Sagita, B. H. (2018). Analisis kelayakan revitalisasi pasar tradisional Banjaran Kabupaten Bandung menggunakan container bekas dengan indikator benefit-cost ratio, payback period, dan net present value. e Proceeding of Engineering, 5(2).

Dwisakti, V., Santoso, A., & Hartono, S. (2023). Analisis strategi harga dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing usaha sayuran hidroponik di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Sejarah.

Fahreza, R., & Sokarina, A. (2025). Mengungkap Penentuan Harga Jual Pada Kedai Kopi Studi: Fenomenologi. MBIA, 24(1), Article 1. https://doi.org/10.33557/26131m93

Christopher, G. V. H., & Sibarani, M. (2024). The Influence Of User-Generated Content And Company-Generated Content As A Marketing Strategy On Customer Engagement (Case Study On Pt Coca-Cola Indonesia Instagram Social Media). Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 7(2), 4902-4921.

Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif

Muqarrabin, R., Zebua, Y., & Nasution, S. L. (2022). Analysis of Product Quality, Price, Promotion, and Location Toward Purchase Decision. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31538/iijse.v5i2.2088

Najiyah, C. J., & Yuliana2, Z. (2025). KENDALA DAN STRATEGI PENERAPAN QRIS PADA UMKM: WARUNG BAKSO MAS TIMBUL. JOURNAL SAINS STUDENT RESEARCH, 3(5), Article 5. https://doi.org/10.61722/jssr.v3i5.5615

Rasyid, H. A., Suryana, N., & Chumaidiyah, E. (n.d.). Analisis Kelayakan Dan Perancangan Pembukaan Cabang Baru Pada Usaha Papuk Mamuk Resto Ditinjau Dari Aspek Pasar, Aspek Teknis Dan Aspek Finansial.

Safarudin, R., Zulfamanna, Z., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), Article 2.

Saputra, R. A., & Rohman, A. (2024). S Studi Kelayakan Bisnis Syariah Pengembangan UMKM “Dodolanku Surabaya”: Analisis Aspek Pemasaran. Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 2(2), 53–59. https://doi.org/10.30787/jiembi.v2i2.1476

Sunyoto Danang. 2014. Studi Kelayakan Bisnis. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publising Service).

Yuniar, V., Cantika Florentina Br Bangun, Bugis, S. W., & Suhartini, S. (2022). Analisis Studi Kelayakan Bisnis pada Pengembangan UMKM Usaha Tahu dan Tempe di Desa Pondok Jeruk Ditinjau dari Aspek Produksi, Aspek Pemasaran dan Aspek Keuangan. Transformasi Manageria: Journal of Islamic Education Management, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.47467/manageria.v2i2.929




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/MBCIE.2025.34124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by:

 

in Collaboration with: