School Well-Being dan Motivasi Belajar pada Siswa SMA

Muhammad Farhan Kusuma Wahyudi, Winy Nila Wisudawati

Abstract


Siswa memiliki hak untuk mendapatkan school well-being dalam belajar demi menggapai cita-cita yang diinginkan. Adapun school well-being dalam belajar siswa belum banyak diperhatikan seperti yang sangat berakibat menurunnya motivasi belajar siswa menunjukkan pada sampel kelas 10 dan 12. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan school well-being dengan motivasi belajar siswa di SMA Islam Asysyakirin Kota Tangerang. Adapun responden yang didapat 115 siswa jumlah keseluruhan siswa dari kelas 10, 11, 12 dengan menggunakan sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan skala school well-being berdasarkan diadaptasi oleh peneliti yang berjumlah 16 item dan skala motivasi belajar menurut diadaptasi oleh peneliti yang berjumlah 19 item. menggunakan uji korelasi pearson menghasilkan nilai persentase school well-being dan motivasi belajar 33,7% pada siswa SMA Islam Asysyakirin Kota Tangerang. Artinya school well-being berkorelasi positif atau berhubungan positif searah dengan motivasi belajar pada siswa SMA Asysyakirin Kota Tangerang. Menggunakan uji crosstabs untuk memperkuat adanya hubungan pada variabel school well-being dengan motivasi belajar menghasilkan nilai pearson chi-square 0,038 < 0,05 pada kelas 11.

Keywords


School Well-Being; Motivasi Belajar; Siswa; SMA

Full Text:

PDF

References


Fauziah, A, Asih, R. Samsul Azhar (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas iv sdn poris gaga 05 kota tangerang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), http://dx.doi.org/10.26555/jpsd

Hasanah, M., & Sutopo. (2020). Pengaruh school well-being terhadap motivasi belajar siswa di madrasah aliyah. Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan, 15(02), 34–42.

Konu, A. & Rimpela, M. (2002). Well-being in schools: a conceptual model. Health Promotion International, 17(1), 79–87. https://doi.org/10.1093/heapro/17.1.79

Paramarini, A. N., Santree, S., Nathaniela, T., & Rahman, S. (2022). Pengaruh antara komunikasi interpersonal guru dan student engagement terhadap school well-being di sekolah ketarunaan pada masa pandemi covid-19. Jurnal Psikologi Talenta, 1(3), 26–49.

Raiman, M., Liu, A. N. A. M., & Wolo, D. (2021). Investigation of students’ motivation to learn science while studying from home during a pandemic. Journal of Research in Instructional, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.30862/jri.v1i1.10

Rasyid, A. (2021). Konsep dan urgensi penerapan school well-being pada dunia pendidikan. Jurnal Basicedu. 5(1). 376-382. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.705

Rosa, N. N. (2020). Hubungan dukungan sosial terhadap motivasi belajar daring mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Tanjak : Journal of Education and Teaching, 1(2), 147–153. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.146

Sadijah, N. A. (2022). Motivasi belajar ditinjau dari dukungan keluarga dan school well-being. Psychophedia Jurnal Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang. 6(2). 54-61.

Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan : Educational Psychology (Buku 2) (Edisi 5). Jakarta: Salemba Humanika.

Sari, D. P., Widyasari, F.F., Jelita, I.Z., & Rahman, S., (2021). Hubungan motivasi belajar, relasi teman sebaya, dan stres akademik terhadap school well-being pada siswa sekolah menengah. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 1(2). 128-143.

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi Dan Pengukuran Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/merpsy.v15i2.19749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Merpsy Journal

Tim Editorial Office

Merpsy Journal
Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana
(Kampus-A Meruya) Gedung E Lantai 1
Jalan Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat
Telepon : 081234880285
Jakarta
Email ([email protected])
Website (http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/merpsy)