Pengaruh Celebrity Worship terhadap Perilaku Compulsive Buying pada Kpopers Dewasa Awal

Desta Vidya Dian Winiardani, Mistety Oktaviana

Abstract


Fenomena Korean pop atau Kpop saat ini sedang berkembang di Indonesia, perasaan penggemar untuk menyukai, mengagumi dan tertarik kepada idolanya dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan atau membeli merchandise terkait idolanya, hal tersebut dapat membuat seseorang memiliki perilaku compulsive buying. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari celebrity worship terhadap perilaku compulsive buying. Subjek penelitian merupakan penggemar Kpop atau yang biasa disebut Kpopers di usia dewasa awal sebanyak 100 orang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan metode analisis regresi sederhana. Alat ukur yang digunakan adalah skala celebrity attitude scale yang dikembangkan oleh Maltby dan skala compulsive buying yang dikembangkan oleh Elizabeth A Edwards. Skala tersebut dimodifikasi untuk keperluan pada penelitian ini. Hasil penelitian dari pengolahan data dan pembahasan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa celebrity worship memiliki pengaruh yang signifikan sebesar 52,4% terhadap perilaku compulsive buying, 47,6% perilaku compulsive buying dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel dari penelitian ini.

Keywords


celebrity worship; compulsive buying; kpopers

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/merpsy.v15i1.19810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Merpsy Journal

Tim Editorial Office

Merpsy Journal
Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana
(Kampus-A Meruya) Gedung E Lantai 1
Jalan Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat
Telepon : 081234880285
Jakarta
Email ([email protected])
Website (http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/merpsy)