ANALISIS KEBUTUHAN VISUAL PADA RE-DESIGN BRAND “GARTEN LATTE-EATERY”

R. Arya Ahmad Triarnanda

Abstract


Kopi merupakan jenis minuman seduh yg telah dikenal semenjak zaman dulu. Dulu, kopi umumnya sebagai minuman harus bagi para orang tua kita, sekarang kopi pula telah sebagai minuman favorit kaum muda. Saat ini, poly kita temui kafe–kafe yg sebagai loka nongkrong kaum muda, menggunakan sajian andalan ice coffee, Latte, Capuccinno, v60 & banyak sekali minuman olahan kopi lainnya. Kedai kopi ini tampaknya berlomba buat menunjukkan cita rasa kopi spesial dan salah satunya adalah Garten Latte-Atery, sebuah kedai kopi yang berlokasi di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Setiap kedai kopi mempunyai logo, ciri warna, dan Design–Brand Identity yang berbeda. Sehingga para konsumen akan mencicipi pengalaman berbeda saat berkunjung ke kedai kopi yang satu dan lain, atau bisa dianggap sebagai brand experience. Brand experience mengganti suatu produk biasa sebagai suatu yang memorable yang personal bagi konsumen. Seorang pelanggan yang sangat loyal terhadap suatu brand tidak akan dengan mudah memindahkan pembeliannya ke brand lain, apapun yang terjadi dengan brand tersebut. Pada umumnya ketertarikan tersebut tidak didasarkan pada brand-nya tetapi lebih didasarkan pada karakteristik produk, harga, dan kenyamanan pemakaiannya.


Keywords


Analysis; Coffee Shop; Logo; Branding

References


Ahmad, H., T. (2019). “Perancangan Promosi Northwood Coffee & Eatery”. [Tugas Akhir]. Bandung: Universitas Telkom, Desain Komunikasi Visual. Diambil dari: https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/154070/perancangan-promosi- northwood-

Aswan, R. (2019). Tinjauan Elemen Visual Pada Buku Ilustrasi #88 Love Live. NARADA Vol. 6 (1), 187-214.

Marsh, L. (2020). The Practical Guide to Design Theory. ©Graphic Design Mastery. Diambil dari: https://lindsaymarsh.teachable.com/p/the-practical-guide-to-design-theory

Nurdiansyah, P., G. (2019). “Redesign Visual Identity Produk Kopi “You Coffee” Guna Meningkatkan Brand Awareness”. [Tugas Akhir]. Surabaya: Institut Bisnis Informatika STIKOM Surabaya, Fakultas Teknologi dan Informatika, Desain Komunikasi Visual. Diambil dari: https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3683/

Saputra, E. (2008). Kopi: Dari sejarah, efek bagi kesehatan tubuh, & gaya. Yogyakarta: Harmoni.

Sundjaja, L., A. (2016). “Re-Branding Keuken Koffie Melalui Perancangan Identitas Visual”. [Tugas Akhir]. Tangerang: Fakultas Seni dan Desain, Desain Komunikasi Visual, Universitas Multimedia Nusantara. Diambil dari: https://kc.umn.ac.id/3522/

Supriyono, R. (2010). Desain Komunikasi Visual – Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Yuwana, C. (2020). “Perancangan Rebranding Kong Djie Coffee”. [Tugas Akhir]. Tangerang: Fakultas Seni dan Desain, Desain Komunikasi Visual, Universitas Multimedia Nusantara. Diambil dari: https://kc.umn.ac.id/14613/




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/narada.2021.v8.i3.007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


NARADA: Jurnal Desain & Seni

Fakultas Desain dan Seni Kreatif
Universitas Mercu Buana
Gedung E Lantai 4
Jl. Raya Meruya Selatan no.1, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

P-ISSN: 2477-5134
E-ISSN: 2621-5233
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/narada

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional

 

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


View My Stats

 

Journal International Standard Serial Number (ISSN) Registration:

p-ISSN 2477-5134

e-ISSN 2621-5233

The Journal is indexed by:

         

 

           

 

 

Plagiarism Detection Software: