ANALISIS VISUAL KARAKTER UTAMA DAN SISTEM KETERBACAAN PADA BUKU INFOGRAFIS STATIS SEBAGAI SARANA EDUKASI BAGI ANAK SEKOLAH DASAR (SD)
Abstract
Infografis merupakan desain visual yang menggabungkan visualisasi data, ilustrasi, teks dan gambar dalam satu kesatuan dan membentuk sebuah cerita. Saat ini, infografis menjadi media informasi yang diminati, karena visual yang sederhana sehingga mudahan dipahami. Infografis menjadi pilihan baru untuk menyampaikan informasi, penggabungan penyampaian pembelajaran dan menghindari pembacaan juga tata letak yang menjenuhkan dengan visualisasi yang menyegarkan akan membantu anak menerima informasi/pembelajaran lebih baik daripada tulisan yang terkesan panjang.
Pada penelitian kali ini peneliti meninjau buku infografis anak “Yuk, Mengenal 5 Rukun Islam!”. Pembuatan konsep menentukan keberhasilan infografis dalam fungsinya yaitu menyampaikan data secara informatif. Peneliti juga meninjau tampilan visual yang berkaitan terhadap karakter, warna, bentuk berupa bidang, ilustrasi, tipografi, ikon/simbol, dan layout yang digunakan. Berdasarkan data tersebut, penelitian ini akan mengkaji buku infografis berjudul “Yuk, Mengenal 5 Rukun Islam!”, buku ini menjadi salah satu buku edukasi anak yang beredar di beberapa toko buku dengan mencantumkan “Infografis” dalam sampul bukunya. Dengan meneliti bagaimana infografis tepat untuk edukasi anak, diharapkan akan menjadi strategi baru dalam proses belajar mengajar demi menumbuhkan semangat belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggraini, S.,Lia, & Kirana, N. (2014). Desain Komunikasi Visual; Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia.
Lankow, J. (2014). Infografis Kedahsyatan Bercerita Secara Visual. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, S. (2014). Hurufontipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rustan, S. (2009). Layout,Dasar & Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rusmawan. (2013). Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar dalam eprints.uny.ac.id/8393/ diakses pada 04 Oktober 2017.
RPP AGAMA ISLAM I/I: mengenal rukun islam dalam http://senengemaca. blogspot.co.id/2011/06/rpp-agama-islam-ii-mengenal-rukun-islam.htmldiakses pada 10 Desember 2017.
Salam, J. (2017). Tinjauan Estetika Foto Hitam Putih Pada Fotografi Lansekap Karya Hengky Koentjoro. NARADA: Jurnal Desain dan Seni. 4(3), 361-374
Sanyoto, S. E. (2010). Nirmana. Yogyakarta: Jalasutra.
Saptodewo, F. (2016). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain Vol.1 (03), 193-198. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v1i03.563. Diambil dari: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/563 diakses pada 27 September 2017.
Susetyo, Hendri Rahman. (2015). Efektivitas Infografis Sebagai Pendukung Mata Pelajaran IPS pada Siswa Siswi Kelas 5 SDN Kepatihan di Kabupaten Bojonegorodalam. Journal Art Nouveau Vol.4 (1), 82-91. Diambil dari: https://jurnal.dinamika.ac.id/index.php/ArtNouveau/article/view/762%20diakses pada 27 September 2017.
Ulita, N. (2017). Kajian Visual Warna Pada Kesenian Muturuk Mentawai. NARADA: Jurnal Desain dan Seni. 4(3), 259-273.
Ummama Umi. (2017). 4 Kriteria Buku Untuk Anak Usia Paud, Kb, Dan Tk dalam http://mandiratimrw.com/4-kriteria-buku-untuk-anak-usia-paud-kb-dan-t/ diakses tanggal 08 Desember 2017.
Wicandra, O.B. (2006). Peran Infografis pada Media Massa Cetak. Jurnal desain komunikasi visual nirmana Vol.8 (1), 44-49 DOI: https://doi.org/10.9744/nirmana.8.1. Diambil dari: http://nirmana.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/16670 diakses pada 27 September 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/narada.2019.v6.i1.009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Fakultas Desain dan Seni Kreatif
Universitas Mercu Buana
Gedung E Lantai 4
Jl. Raya Meruya Selatan no.1, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
Journal International Standard Serial Number (ISSN) Registration:
The Journal is indexed by:
Tools for Citations & Plagiarism Detection:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional