STRATEGI BRANDING KOTA SURABAYA SEBAGAI KOTA SEJARAH, BUDAYA, DAN PERDAGANGAN

muhammad baliya, Aryo Bayu Wibisono, Andrian Ferdi Ramdhani, Natasyia Sisca eka, Oknisa Qadrin Saraswati, Robby krisdianto

Abstract


Kota Surabaya menjadi salah satu kota Metropolitan di Indonesia seperti Jakarta, Semarang, dan Bandung. Kota Surabaya adalah kota dengan tingkat populasi dan kemajuan yang tinggi. Selain itu Kota Surabaya ini merupakan kota yang sesuai untuk kegiatan beberapa sektor seperti bidang investasi, pariwisata, pendidikan maupun perniagaan. Kota Surabaya mempunyai dua slogan yang melatar belakangi branding kota Surabaya yaitu Sparkling Surabaya sebagai brand destinasi pariwisata kota Surabaya, namun ternyata ada sebagian masyarakat yang tidak mengetahui akan keberadaan brand ini. Hal ini menjelaskan tingkat kesadaran masyarakat akan brand tersebut tidak terserap di masyarakat. Ditengah ketiadaan identitas yang ideal sebagai ciri khas kota modern muncul slogan “bangga Surabaya” sebagai salah satu pelayanan informasi kepada masyarakat yang di lakukan Pemerintahan Kota (Pemkot) Surabaya melalui bagian Hubungan Masyarakat (Humas), dan Surabaya juga mempunyai beragam budaya, wisata, sejarah, dan masyarakat yang sangat khas kota Surabaya. Dengan adanya dua selogan yang melatar belakangi kota Surabaya dalam satu kota, kurang efektif untuk membangun citra suatu kota. Oleh karena itu, diperlukan konsep Branding yang tepat  untuk menghidupkan citra kota Surabaya sehingga kota Surabaya dapat memiliki identitas yang relevan dengan kota Surabaya itu sendiri, dan menarik minat masyarakat luas. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi lapangan, kuisioner data masyarakat dan wawancara merupakan metode untuk mendalami masalah, mencari solusi, serta merumuskan strategi dalam menemukan keyword yang dapat menjadi konsep Branding Kota Surabaya. Wilayah penelitian ini meliputi keseluruan kota Surabaya yang berpotensi mengangkat citra kota Surabaya seperti (Pusat perdagangan kota Surabaya, Wisata sejarah dan Budaya masyarakat kota Surabaya), dengan waktu perancangan konsep keyword 3 bulan. Konsep keyword ini dapat menjadi acuan dasar dalam perancangan ReBranding Kota Surabaya baik untuk implementasi Branding konsep visual, konsep verbal maupun implementasi media promosi kota Surabaya. Dengan adanya konsep ini diharapkan Kota Surabaya memiliki konsep identitas baru yang dapat menarik minat masyarakat luas.


Keywords


Keyword, City Branding , Kota Surabaya.

References


Febri,T., Hanandry,T., & Richo, Y. (2015).Perancangan Multi-Constructional Pop-Up Book Cerita Sawunggaling Sebagai Upaya Pelestarian Legenda Asli Surabaya Untuk Anak-Anak.

Bayu, A., Daniel, A., & Tri, A. (2019). Strategi Branding Pesisir Pantai Kota Surabaya Sebagai Potensi Wilayah Berbasis Kelautan.

Kartiko, N., (2019) Peranan Sungai Kalimas Sebagai Sarana Transportasi Sungai Kota Surabaya Tahun 1900-1952.

Gita, G, Mutiah, S. (2019) Digital Campaign Humas pemerintahan kota Melalui Branding “Bangga Surabaya” Dalam membentuk Citra Positif.

Soedarso., Nurif, M., Sutikno, Windiani. (2013) Dinamika Multikultural Masyarakat Kota Surabaya.

Samidi. (2017). Surabaya sebagai Kota Kolonial Modern pada Akhir Abad ke-19: Industri, Transportasi, Permukiman, dan Kemajemukan Masyarakat.

Yenny., Dektisa, A., Hagijanto, Dian , Bernadette., (2014) . Analisis Penerapan Sparkling Surabaya Sebagai City Branding Di Bandara Internasional Juanda.

Aditya A’an (2017) Penanganan Pemerintah Kota Surabaya Terhadap Keberadaan Tuna Wisma Di Surabaya Masa Walikota Moehadji Widjaja (1980-1984).

Suparno ., (2019) BPS statistik Daerah kota Surabaya Tahun 2019.

Sugiharti A., (2016) Profil Surabaya 2016.

Halim ., Aditjipto (2013) Fasilitas Eduwisata Sejarah Perjuangan Kota Surabaya.

Nisa H & Hadiatin (2019). Analisis Tindak Tutur Penjual Dan Pembeli Di Pasar Pabean.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/narada.2020.v7.i3.005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


NARADA: Jurnal Desain & Seni

Fakultas Desain dan Seni Kreatif
Universitas Mercu Buana
Gedung E Lantai 4
Jl. Raya Meruya Selatan no.1, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

P-ISSN: 2477-5134
E-ISSN: 2621-5233
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/narada

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional

 

StatCounter - Free Web Tracker and Counter


View My Stats

 

Journal International Standard Serial Number (ISSN) Registration:

p-ISSN 2477-5134

e-ISSN 2621-5233

The Journal is indexed by:

         

 

           

 

 

Plagiarism Detection Software: