Design Lantai Getar Untuk Simulasi Kerja di Ruang Iklim Laboratorium Teknik Industri

Anisah Haidar

Abstract


Ruang iklim adalah salah satu tempat yang pada umumnya ada di laboratorium teknik khususnya teknik industri. Ruang iklim menjadi sarana simulasi kerja dimana di dalamnya biasanya dilengkapi dengan speaker, AC dan beberapa jenis lampu sebagai variabel faktor lingkungan kerja fisik (temperatur, kebisingan dan pencahayaan). Tujuan pembuatan design lantai getar ini adalah untuk melengkapi variabel getaran pada simulasi kerja di ruang iklim laboratorium. Pembuatan design lantai getar menggunakan metode analisis IPO (input process output) agar mudah dipahami setiap tahapan pembuatannya. Hasil dari penelitian ini adalah design lantai getar yang dapat digunakan di lingkungan kampus atau pun di tempat lain sebagai alat simulator getaran dalam bekerja, dimana mesin getar yang digunakan adalah vibrotor 220v- 1phase. Besarnya getaran bisa disesuaikan karena menggunakan inverter sebagai pengatur getaran dimana maximal getaran di skala 60.


Keywords


Lantai Getar; Ergonomi; Getaran; Laboratorium

Full Text:

PDF

References


Alami, F., Helmi, M., & Noorhidana, V. A. (2019). INVESTIGASI DAN EVALUASI GETARAN PADA PELAT BETON BERTULANG.

Ayuhana, W. A., Syamsurizaldi, S., & Wandra, N. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kepuasan Kerja Pada Pengadilan Agama Muara Labuh Dan Pengadilan Agama Koto Baru. Jurnal Administrasi Dan Kebijakan Publik, 3(2), 179-194.

Manullang, A.L.E., (2017). Evaluasi Pencahayaan, Kebisingan, Temperatur, Dan Getaran Pada Line 3 Pt South Pasific Viscose.

Mega, A.p., (2011). Perancangan Lantai Getar Untuk Ruang Iklim Dengan Menggunakan Mekanisme Penggerak Sistem Motor Unbalance. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Nitisemito, S. Alex, (2010). Manajemen personalia Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga. Jakarta : Ghalia Indonesia

Natania, O. & Martha, L. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik Dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Di Badan Penelitian Dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Economina. Vol 2 (8). Hal 2122-2136

Novi, N., Darmawan, A., & Pattipawaej, O. C. (2016). Analisis Pengaruh Getaran Terhadap Konsentrasi Pekerja. Prosiding Semnastek.

Nurdinati, A. Q., & Santoso, K. H. (2016). Evaluasi Lingkungan Fisik Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PLTU Unit 1 dan 2 PT. Indonesia Power UBP Semarang. Industrial Engineering Online Journal, 5(3)

Podungge, R., (2020). Lingkungan Kerja Fisik Dan Dampaknya Pada Semangat Kerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. Vol. 3 (2). Hal 113-118.

Suma’mur, P. K. (1996). Industrial Hygiene and Occupational Health. Jakarta: PT Toko Gunung Agung.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2023.v17i3.012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats