Determinan Peningkatan Produktivitas Melalui Penerapan Autonomous Maintenance System pada Industri Makanan

Mohammad Mawan Arifin, Wahyu Inggar Fipiana, Vivi Lusia

Abstract


Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan produktivitas seperti komitmen organisasi, performance mesin, dan skill kompetensi operator terhadap peningkatan produktivitas melalui penerapan Autonomous Maintenance System pada departemen produksi di industri makanan. Responden penelitian ini berjumlah 45 responden dengan metode Purpose cluster random sampling. Hasil kuesioner diolah dengan menggunakan program SmartPLS 3.0 yang menghasilkan nilai (R²) sebesar 0,519 dan 0,580 untuk penerapan Autonomous Maintenance System dan produktivitas, yang berarti bahwa penerapan Autonomous Maintenance System yang dapat dijelaskan variabilitas komitmen organisasi, performance mesin dan skill kompetensi operator adalah sebesar 51,9% sedangkan sisanya 48,1% dipengaruhi faktor lain. Sedangkan untuk produktivitas yang dapat dijelaskan variabilitas komitmen organisasi, performance mesin dan skill kompetensi operator adalah sebesar 58% sedangkan sisanya 42% dipengaruhi faktor-faktor lain. Berdasarkan nilai Original Sample Estimate untuk nilai variabel komitmen organisasi sebesar 0,358, performance mesin sebesar 0,139, skill kompetensi operator sebesar 0,112 dan penerapan Autonomous Maintenance System sebesar 0,762. Maka diperoleh nilai tertinggi yang mempengaruhi produktivitas adalah pengaruh penerapan Autonomous Maintenance System adalah sebesar 76,2%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan program Autonomous Maintenance System mempunyai pengaruh yang besar terhadap peningkatan produktivitas di industri makanan.


Keywords


Productivity; Autonomous Maintenance System; Structural Equation Modelling

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Willy, dan Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Adi, Y., Irwan, A., & Irfan, A. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan , Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. 4(3), 445–451. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.533

Dyah Ika, N. C. (2014). Analisis Penerapan Total Productive Maintenance (Tpm) Menggunakan Overall Equipment Efectiveness (Oee) Dan Six Big Losses Pada Mesin Cavitec Di Pt. Essentra Surabaya.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. dan H. L. (2015). Partial Least Squares Konsep Teknik dan Aplikasi dengan Program Smart PLS 3.0. Universitas Diponegoro.

Guritno, J., & Cahyana, A. S. (2021). Implementation of Autonomous Maintenance in Total Productive Maintenance Implementasi Autonomous Maintenance Dalam Penerapan Total Productive Maintenance. 1(2).

Hair, J. F., Jr., et. al. (2008). Multivariate Data Analysis with Reading, 4rd Edition (4rd Editio). Prentice-Hall International Inc., New Jersey.

Haryono, S. (2016). Metode Sem Untuk Penelitian Manajemen Dengan Amos 22.00, Lisrel 8.80 Dan Smart Pls 3.0. Pt. Intermedia Personalia Utama.

Julfrida P, D. P. (2017). Kinerja Karyawan dan Kontribusi Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening. 1–9.

M. Iqbal Hasan. (2002). Pokok-pokok materi metodologi penelitian dan aplikasinya (Cet. 1). Bogor : Ghalia Indonesia, 2002.

R, M. F. M., & Prastawa, H. (2019). Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness Pada Mesin Cetak Ttsk Pt . Phapros Tbk.

Saputra, Y., & Zahrani, A. L. (2023). Analisis Penerapan Autonomous Maintenance Untuk Meningkatkan Efektivitas Utility Sweeper Dalam Proses Pembersihan Landasan Pacu Bandara di Jakarta. 1–11.

Sarwono, J. dan Narimawati, U. (2015). Membuat Skripsi, Tesis dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Suliyanto. (2011). Perbedaan Pandangan Skala Likert Sebagai Skala Ordinal Atau Skala Interval. 978–979.

Sutrisno. (2017). Kajian Pengaruh Struktur Organisasi , Komitmen Karyawan , dan Pemahaman Tujuan Operasi terhadap Penerapan Total Production Maintanance ( TPM ) serta Implikasinya pada Kinerja Karyawan.

Syamsi Dhuha, W. (2023). Penerapan Metode Overall Equipment Effectiveness Dalam Pengukuran Efektivitas Mesin Press Kennedy. Volume VIII, No.3, Juli 2023, Program Studi Teknik Industri, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia.

Winarno, H. (2016). Analisis Total Productive Maintenance untuk Peningkatan Efisiensi Produksi dengan Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness di PT . Purna Baja Harsco.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats