Usulan Perbaikan Sistem Customer Relationship Management (CRM) CV. XYZ Berdasarkan Pertimbangan ISO 9001:2015 Klausul 8.2.1 dengan Metode Business Process Improvement

Tulusiani Widjanarko, Sri Widaningrum, Meldi Rendra

Abstract


CV. XYZ adalah salah satu produsen sandal gunung travelling handmade yang berdomisili di Bandung. Agar dapat bersaing di pasar, CV. XYZ harus selalu memperhatikan kualitasnya dari segi produk dan juga layanan. Pada saat ini CV. XYZ sudah menerapkan Customer Relationship Management (CRM) sebagai upaya untuk menjaga loyalitas pelanggan. Sosial media digunakan sebagai penunjang CRM yang termasuk ke dalam Customer Interface Management yang mengacu pada pengelolaan pertukaran informasi. Meskipun sistem CRM sudah terlaksana, namun belum semua terlaksana dengan baik sesuai dengan konseptual yang ada. Pada penelitian ini, digunakan pertimbangan persyaratan ISO 9001:2015 klausul 8.2.1 komunikasi pelanggan dan konsep CRM untuk mendapatkan hasil analisis Gap yang baik dan lengkap. Metode yang digunakan yaitu business process improvement dengan menggunakan langkah apply techniques improvement. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan untuk merealisasikan produk custom dan juga beberapa perbaikan seperti pembuatan database dan penambahan opsi pada website.

Keywords


CRM, klausul 8.2.1, customer interface management, business process improvement, produk custom

Full Text:

PDF

References


A. Payne. 2006. Handbook of CRM, Burlington: Butterworth-Heinemann.

H. J. Harrington. 1991. Business Process Improvement: The Breakthrough Strategy for

Total

Quality, Productivity, and Competitiveness, New York: McGraw-Hill,inc.

L. A. Fletcher. 2001 "Going beyond the buzzword: what exactly is CRM?," Learned

Publishing, vol. 14, no. 3, pp. 213-222.

L. R. Saragih, G. Suprayitno and D. Dahlan. 2014. "Model Pengukuran Proses Bisnis

CRM Berbasis eTOM dan IT-IL," INKOM, vol. 8, no. 2, pp. 83-94.

P. Kotler and K. L. Keller. 2016. Marketing Management 15 Global Edition, Essex:

Pearson

Education Limited.

R. L. Oliver. 1999. "Whence Consumer Loyalty?," Journal of Marketing, vol. 63, no. 1999,

pp. 33-44.

S. Page, The Power Business Process Improvement, New York: AMACOM, 2010.

TaskMap, "TaskMap Processes Made Easy," Enhanced Telecom Operations Map Proces,

[Online]. Tersedia pada :

http://www.taskmap.com/Enhanced%20Telecom%20Operations%20Map%20

%20Customer%20Interface%20Management.html.

V. Kumar and W. Reinartz. 2012. Customer Relationship Management Concept, Strategy,

and Tools, New York: Springer-Verlag Berlin Heidelberg,.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2019.v13i2.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats