PERHITUNGAN PERAMALAN DAN PERSEDIAAN STOK GAS ELPIJI PADA KOPERASI

Haryadi Sarjono, Stela Maries

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menentukan jumlah penjualan dan persediaan yang optimal dengan menghitung peramalan permintaan menggunakan 11 metode, salah satunya adalah Multiplicative Decomposition CMA. Sedangkan metode persediaan yang digunakan adalah Economic Order Quantity (EOQ), Economic Order Interva l(EOI), Min-Max System, P Model dan Q Model. Objek penelitian ini adalah Koperasi KDP, koperasi yang menjual belikan Gas LPG 3Kg yang berlokasi di Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dimana data dikumpulkan, dianalisis, dan diproses sehingga dapat mengetahui permasalahan yang terjadi pada Koperasi KDP. Hasil penelitian didapat model persediaan yang paling tepat digunakan adalah metode Economic Order Quantity (EOQ) karena menghasilkan total biaya yang paling kecil jika dibandingkan dengan metode Economic Order Interval, Min Max Inventory, P Model dan Q Model. Kesimpulannya untuk periode selanjutnya sebaiknya menjual sebanyak 51.290 tabung gas untuk elpiji 3kg, sesuai hasil perhitungan peramalan.


Keywords


metode persediaan; EOQ; metode peramalan; Multiplicative Decomposition CMA

Full Text:

PDF

References


Ahmad. (2016). The relationship between human capital characteristic and director. International Journal of Business and Society, 347-364.

Akhmad. (2018). Manajemen Operasi Teori dan Aplikasi Dunia Bisnis. Bogor: Azkiya Publishing.

Chuang, H. H. C., & Oliva, R. (2015). Inventory Record Inaccuracy: Causes and Labor Effects”. Journal of Operations Management, 63-78.

Heizer, J., Render, B., & Munson, C. (2015). Operation Management, Sustainibility and Supply Chain Management. England: Pearson Education Limited.

Hyndman, R. J., & Athanasopoulos, G. (2018). Forecasting Principle and Practice. Melbourn. Melbourne: OTexts.

Kimblerg, R. K., & Ratick, S. (2017). Development of a Practical and Effective Forecasting Performance Meassure. Advance in Business Management Forecasting.

Klimberg, R. K., Sillup, G. P., & Boyke, K. J. (2010). Forecasting Performance Meassure: What are their partical meaning?. Advance in Business and Management Forecasting, 137-147.

Sarjono, H. (2016). Forecasting Aplikasi penelitian Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Oktavial, Chendrasari Wahyu & Natalia, Christine; (2021), Analisis pengaruh Pendekatan Economic Order Quantity Terhadap Penghematan Biaya Persediaan, Jurnal Penelitian dan Aplikasi Sistem & Teknik Industri (PASTI); Vol. XV, No. 1, April, 103-117.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2021.v15i2.007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/

 

This journal is accredited:

This journal is indexed by:

     

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats