KEGIATAN PEMBELAJARAN MS EXCEL UNTUK PEMBUATAN LAPORAN HASIL BELAJAR SISWA PADA GURU SD WILAYAH MERUYA UTARA

Rahmat Rian Hidayat, Yudo Devianto, Wawan Gunawan

Abstract


ABSTRAK

 

Pada awalanya kegiatan proses belajar mengajar disetiap sekolah masih menggunakan log book  atau menghitung manual untuk pengisian hasil belajar siswa-siswa. Namun saat ini Penggunaan komputer  sudah menjadi bagian dari kebutuhan yang mutlak untuk mendukung setiap kegiatan sekolah. Diantaranya adalah pemanfaatan aplikasi yang sering dipakai yaitu Ms Office yang di dalamnya tersedia  seperti Microsoft excel, Microsoft Word, Ms Power Point dan aplikasi aplikasi lainnya. Dengan adanya aplikasi tersebut tidak sedikit bahwa guru-guru atau staf tata usaha kurang memiliki keterampilan dalam penggunaan aplikasi komputer seperti Ms Excel. Dalam pelatihan ini, versi yang dipakai adalah versi 2010 untuk Microsoft Windows. Pelatihan ini dilaksanakan di SD 05 Meruaya Utara, dimana guru SD dan tata usaha yang perlu pelatihan dalam menggunakan applikasi Microsoft excel secara benar dan tepat. Dengan menerapkan metode Pada pelatihan ini akan menggunakan 2 metode : Metode Classroom : metode ini digunakan untuk memberikan materi yang bersifat teoritis. Metode Demonstrasi : metode ini kami gunakan untuk pemberian materi yang bersifat praktis. Adapun targer Luaran dari pengabdian masayarakat ini yaitu setiap guru mampu mengolah laporan hasil belajar siswa dan guru mampu menggunakan microsoft Excel dengan tepat dalam membantu membuat laporan hasil belajas siswa.


Full Text:

PDF

References


Aziz, Wulanda Aditya. 2016. Analisis Kualitatif Pemanfaatan Komputer Dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia dini, Vol.2 Negeri2 Oktober 2016. (Online). Diakses 29 Juni 2019 dari ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php /tunas-siliwangi/.../252

Jaya, S., Handoko, P., & Purnama, D. G. (2019). Pelatihan olah data menggunakan Ms. Excel bagi pengelola rptra dan guru paud di wilayah kelurahan bintaro, kecamatan pesanggrahan. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Martiningsih, 2015. Efektivitas Pemanfaatan Microsoft Excel Dalam Pembelajaran Matematika di SMP MUHAMMADIYAH 1 Surabaya. Diakses, 6 April 2020 dari https://media.neliti.com/media/publicat ions/286930-efektivitas-pemanfaatanms-excel-dalam-p-ffd57777.pdf

Muthmainnah, dkk. 2017. Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknik Informatika, Techsi Vol. 9, Negeri 2, Oktober 2017. (Online). Diakses 29 Juni 2019 dari https://ojs.unimal.ac.id/index.php/techs i/article/download/214/19

Patmawati, H., & Santika, S. (2017). Penggunaan Software Microsoft Excel sebagai Alternatif Pengolahan Data Statistika Penelitian Mahasiswa Tingkat Akhir. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 124-129).

Rahman, A., Yuridka, F., & Sari, M. (2015). Pelatihan Komputer Program Microsoft Excel 2013 pada SMAN 12 Banjarmasin. Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjary, 1(1).

Rokhman, M. M., Adi Wibowo, S., Agus Pranoto, Y., & Ardi Widodo, K. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Microsoft Office Pada Staf Pengajar di SMPLBN (Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa Negeri) Kota Malang. Jurnal Mnemonic, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v1i1.13630

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v1i1.13630.g5121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: