SOSIALISASI STRATEGI PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM KEPADA TIM KADER PENGGERAK PKK KELURAHAN MERUYA UTARA
Abstract
Dampak pandemi Covid-19 menciptakan berbagai perubahan di sejumlah sektor dalam skala negara hingga rumah tangga. Terganggunya perekonomian rumah tangga juga menyebabkan gangguan sosial dan kesehatan terhadap anggota keluarga seperti ibu dan anak dalam rumah tangga. Pada masyarakat kelompok pra sejahtera, pandemi Covid-19 menyebabkan potensi kerawanan pangan terhadap anak meningkat. Selain itu para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada sektor industri rumahan juga mengalami dampak negatif dari keberlangsungan pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir. Terjadi penurunan drastis omset dan kesulitan dalam pemasaran produk. Padahal pelaku UMKM di Kelurahan Meruya Utara ini banyak dilakukan oleh para ibu rumah tangga yang merupakan komponen penggerak ekonomi keluarga. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini mengangkat tema mengenai strategi pemanfaatan sosial media dalam pemasaran produk UMKM kepada Tim Kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kelurahan Meruya Utara. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah agar para Tim Kader Penggerak PKK di Kelurahan Meruya Utara nantinya setelah mengikuti kegiatan PkM ini dapat mensosialisasikan kepada para pelaku UMKM rumah tangga di Wilayah Meruya Utara Kembangan Jakarta Barat agar dapat memaksimalkan promosi produk dengan sosial media yang digunakan serta kegiatan ini bertujuan menjadi salah satu upaya pemulihan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19 dengan pendayagunaan IPTEK secara optimal.
Full Text:
PDFReferences
Accurate.id (Online). (2021). “Sosial Media Marketing: Pengertian, Jenis, Strategi dan Manfaatnya”. https://accurate.id/marketing-manajemen/sosial-media-marketing-pengertian-jenis-strategi-dan-manfaatnya/. Diakses 27 Desember 2021.
Badan Pusat Statistik (Online). (2021). “Jumlah penduduk menurut kelurahan (Jiwa), 2018-2019”. https://jakbarkota.bps.go.id/indicator/40/112/1/jumlah-penduduk-menurut-kelurahan.html. Diakses tanggal 26 Desember 2021.
Buana, D. R. (2020). “Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus” Kata Kunci : SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 217–226. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082.
CNN Indonesia (Online). (2021). “Jumlah Warga Miskin DKI Naik Jadi 501,92 Ribu per Maret 2021”. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210715182333-532-668357/jumlah-warga-miskin-dki-naik-jadi-50192-ribu-per-maret-2021. Diakses tanggal 27 Desember 2021.
Humaniora Media Indonesia.com (Online). (2021). “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Rumah Tangga Perlu Kebijakan”. https://mediaindonesia.com/humaniora/389786/dampak-pandemi-covid-19-terhadap-rumah-tangga-perlu-kebijakan. Diakses tanggal 26 Desember 2021.
Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Online). (2019). "Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan".https://web.archive.org/web/20190919205500/https://www.kemendagri.go.id/pages/detail/108-permendagri-no137-tahun-2017. Diakses tanggal 26 Desember 2021.
Seoanaksholeh.com (Online). (2019). “Pemasaran Melalui Media Sosial : Solusi Pemasaran Digital Bisnis Anda”. https://seoanaksholeh.com/pemasaran-melalui-media-sosial/. Diakses 27 Desember 2021.
Yamali, Fakhrul Rozi & Putri, Ririn Noviyanti. (2020). “Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi. Ekonomis : Journal of Economics and Business”, 4 (2), September 2020, Hal. 384-388. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Batanghari Jambi. ISSN 2597-8829 (Online), DOI 10.33087/ekonomis.v4i2.179.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v2i1.15182
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Journal is Indexed and Journal List Title by: