PELATIHAN MANAJEMEN WAKTU DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DIGITAL MARKETING PADA UMKM KOTA DEPOK

Rini Septiowati, Silvia Sari, Purwatiningsih Purwatiningsih

Abstract


Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pemahaman tentang Manajemen Waktu Dalam Meningkatkan Produktivitas Digital Marketing Pada UMKM Kota Depok. Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat. Salah satu contohnya adalah perkembangan telepon seluler dan internet, keberadaannya memberikan pengaruh bagi berbagai aspek kebutuhan manusia. Baik kehidupan individu, sosial maupun yang terkait dengan dunia usaha atau bisnis. Selaian mempermudah dan mempercepat proses komunikasi dan informasi, juga dapat di gunakan dalam dunia usaha atau bisnis pada saat ini seperti : fax, sms, email, website, serta munculnya istilah e-commerce atau pemasaran online. Masalah utama yang dihadapi warga ialah kurangnya pengetahuan dalam  memasarkan baik secara konvensional (offline) maupun secara online, khususnya e-commerce. Minimnya pengetahuan warga desa mengenai digital marketing menginspirasi tim Pengabdian kepada Masyarakat untuk menyampaikan sosialisasi dan memberikan pelatihan mengenai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini. Jika warga paham akan pentingnya digital marketing bagi peluang bisnis usaha, diharapkan mereka akan termotivasi untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana komunikasi dan peluang bisnis untuk usahanya, serta dapat mempraktikkannya secara langsung dengan memanfaatkan media sosial e-commerce seperti tokopedia, buka lapak, OLX, Shopee, Grab, Gojek, Blibli, Lazada, dan Zalora. Tujuan dan target yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelaksanaan Pengenalan Digital Marketing dalam upaya meningkatkan penghasilan warga agar menjadi keluarga sejahtera. Target luaran program ini adalah artikel ilmiah yang dipublikasikan melalui jurnal berISSN, dan peningkatan keberdayaan warga desa serta kemampuan dalam memanfaatkan peluang pemasaran melalui media online dan offline.

 Kata Kunci: manajemen waktu, marketing digital, produktivitas, penghasilan.


Full Text:

PDF

References


Pangeran, Perminas. 2012. Sikap Keuangan Rumah Tangga Desa pada Aspek Perencanaan Keuangan. JRAK, Vol.8, No.1:35-50.

Sari, S., Priatna, W B., Burhanuddin. 2015. Pengaruh Aktivitas Wanita Wirausaha Terhadap Pertumbuhan Usaha Olahan Kentang di Kabupaten Kerinci, Jambi. Jurnal Agribisnis Indonesia (Vol 3 No 1, Juni 2015); Halaman 39-54.

Sari, S., dkk. 2021. Pengembangan UMKM Dengan Menerapkan Penjualan Melalui E-Commerce Dan Pelatihan Manajemen Waktu Di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Abdimisi (Vol 2 No 2, Juni 2021); Halaman 97-102.

Septiowati, R., dkk. 2021. Meningkatkan Profit UMKM Dengan Menerapkan Penjualan Melalui Digital Marketing Di Masa Pandemi Covid-19 Di Dusun Cisadap, Ciamis-Jawa Bara. Jurnal Abdikaryasakti (Vol 1 No 2, Oktober 2021); Halaman 129-142.

Suranta, S., Sulardi., Syafiqurrahman, M. 2019. Pemasaran Online Dapat Meningkatkan Penjualan Ekspor Rotan Di Desa Trangsan Gatak Sukoharjo. Proceding Semnas Hasil PKM Politeknik Keuangan STAN




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v2i2.18718

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v2i2.18718.g6483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: