WEBINAR PENINGKATAN EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PEMBELAJARAN ONLINE
Abstract
Walaupun pandemi covid 19 sudah berakhir, pemanfaatan teknologi internet dalam pembelajaran akan terus dikembangkan. Bukan hanya karena tipe bencana lainnya memaksa dunia pendidikan untuk mengaktifkan mode pembelajaran online ini, namun beberapa keuntungan sistem pembelajaran ini menyebabkan berbagai institusi pendidikan mengambangkan model pembelajaran ini. Pengalaman dalam penerapan metode pembelajaran online pada masa pandemi, memberikan beberapa pelajaran untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan pembelajaran online. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dimaksudkan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran online untuk berbagai pelaku pendidikan di Indonesia, baik tenaga pengajar termasuk guru atau dosen, pembelajar baik siswa maupun mahasiswa, dan orang tua atau masyarakat yang tertarik pada isu ini. Kegiatan ini diselenggarakan dengan mengundang pakar pendidikan online dari Universitas Islam Internasional Islamabad Pakistan dan dihadiri lebih dari 80 peserta dari Indonesia. Untuk meningkatkan pemahaman peserta akan materi yang diberikan, disediakan penerjemah karena materi disampaikan dalam Bahasa Inggris. Penyelenggaraan kegiatan berlangsung selama dua hari memanfaatkan media zoom meeting. Materi antara lain berfokus pada pemanfaatan e-learning, pemanfaatan gadget untuk pembelajaran, dan peningkatan efektivitas pembelajaran dari perspektif mahasiswa. Evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat.
Kata Kunci: Pembelajaran, Online, Efektivitas, Efisiensi
Full Text:
PDFReferences
Adnan, M. & Anwar, K., (2020). Online learning amid the COVID-19 pandemic: Students' Perspectives. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology Volume 2, Issue 1,2020, pp. 45 – 51. http://www.doi.org/10.33902/JPSP. 2020261309.
Kaing, S., (2020). COVID-19 forces Cambodian higher education to adopt hybrid teaching and learning. Cambodian Education Forum. From : https://cefcambodia.com/2020/07/15/covid-19-forces-cambodianhigher-education-to-adopt-hybrid-teaching-and-learning
Kimkeng, H. & Koemhong, S., (2021). Online learning during COVID-19: Key challenges and suggestions to enhance effectiveness. Cambodian Journal of Educational Research Vol. 1, No. 1, pp. 3–16.
Mada, R.D. & Anharudin, (2019). How Online Learning Evaluation (Kahoot) Affecting Students’Achievement and Motivation (Case Study on it Students). International Journal for Educational and Vocational Studies Vol. 1, No. 5, pp. 422-427. Available online at http://ojs.unimal.ac.id/index.php/ijevs, DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i5.1494.
Mubarak, A. A., Han Cao & Weizhen Zhang, (2020). Prediction of students’ early dropout based on their interaction logs in online learning environment. DOI: 10.1080/10494820.2020.1727529.
Nambiar, D., (2020). The impact of online learning during COVID-19: students’ and teachers’ perspective. The International Journal of Indian Psychology Volume 8, Issue 2, pp : 782 - 793, DOI: 10.25215/0802.094.
Pei, L. & Wu, H., (2019). Does online learning work better than offline learning in undergraduate medical education? A systematic review and meta-analysis. Medical Education Online 24 : 1 – 13. https://doi.org/10.1080/10872981.2019.1666538.
Rasmitadila, Aliyyah, R.R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., and Tambunan, A.R.S., (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies Vol. 7, No. 2, 90-109. http://dx.doi.org/10.29333/ejecs/388.
Sari, F.M. & Oktaviani, L., (2021). Undergraduate Students’ Views on the Use of Online Learning Platform during Covid-19 Pandemic. Teknosastik 19 (1) : 41 - 47.
Winthrop, R., (2020). Top 10 risks and opportunities for education in the face of COVID-19. Brookings. from : https://www.brookings.edu/blog/education-plusdevelopment/2020/04/10/top-10-risks-and-opportunities-for-educationin-the-face-of-covid-19/
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v3i1.19825
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Journal is Indexed and Journal List Title by: