IMPLEMENTASI MEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SEKOLAH INKLUSI
Abstract
Pendidikan inklusi adalah penggabungan pendidikan luar biasa dengan pendidikan reguler dalam satu sistem pendidikan yang terintegrasi. Kurikulum dan pembelajaran di sekolah inklusi ini tetap sama dengan kelas reguler. Karena kondisi kelas tidak dirancang untuk peer tutoring—atau tutor sebaya—perlakuan siswa yang berkebutuhan khusus juga sama. Guru mungkin meninggalkan anak-anak berkebutuhan khusus jika mereka tidak memahami materi pelajaran dan alat pembelajarannya tidak bekerja dengan baik dengan siswa. Penulis membuat media pembelajaran digital untuk siswa di kelas inklusi dengan menggunakan aplikasi pembelajaran dan alat peraga manipulatif. Ini akan fokus pada siswa inklusi yang memiliki keterlambatan belajar dan kurang fokus menerima pelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran interaktif, siswa inklusi dapat meningkatkan keterampilan literasi baik membaca ataupun menulis.
Full Text:
PDFReferences
Aditya, B. R., Andrisyah, Ismiatun, A. N., Atika, A. R., & Permadi, A. (2022). Digital disruption in early childhood education: A qualitative research from teachers’ perspective. Procedia Computer Science, 197, 521–528. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.procs.2021.12.169
Jannah, U. R., A., & Linarsih, Y. (2018). Workshop Pembuatan Media dan Pembelajarannya dengan Menggunakan Kerang Kipas dan Kerang Bambu (Lorjuk). Abdiku: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 26–39.
Kemendiknas. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif (Pensif) Bagi Peserta didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.
Kumalasari, T., Prastyo, D., & Maisaroh, S. (2021). OPTIMALISASI KEMAMPUAN BAHASA DALAM MENGENAL WARNA MELALUI MEDIA GEOMETRI PADA ANAK TUNA DAKSA DI KB INKLUSI ANANDA PUTRA MANDIRI. Journal of Childhood Education), 5(2), 484–501. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/JCE
Mularsih, H., & others. (2019). Gambaran pelaksanaan pendidikan inklusi sekolah dasar negeri di Jakarta Barat. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(1), 94–104.
Nurrohman Jauhari, M., Dwi Shanty, A., Nurmasari, D., Hoar Usfinit, A., Batlyol, A., Studi Pendidikan Khusus, P., PGRI Adi Buana Surabaya, U., Negeri, S., & Dharma Wanita Pare, S. (2022). OPTIMALISASI MEDIA DAN TEKNOLOGI ASISTIF DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH INKLUSI: Vol. II (Issue 2).
Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. .
Rian Hidayat, R., & Sartika Sari, Y. (n.d.). Belajar Asyik dengan Memanfaatkan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa Wilayah Jakarta Timur. https://doi.org/10.37817/10.37817/mediaabdimas.v3i
Sari, D. N., Wibowo, A. A., Anggani, N. L., & Kiat, U. E. I. (2022). Peningkatan Kapasitas Pengetahuan dan Keterampilan Siswa dalam Bidang Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografi untuk Siswa SMA Inklusi. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 362–371. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1569
Wisnu Wardana, M. A., Febriana, N., Krida Karina, Y., Mulyono, S., & Sasmito, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pull Out Photo Box Sebagai Upaya Peningkatan Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Sekolah Inklusi Tingkat Dasar. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan, 9(1), 42–54. https://doi.org/10.21009/improvement.v9i1.27330
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v4i1.27515
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Journal is Indexed and Journal List Title by: