PELATIHAN DAN PENGENALAN CANVA BAGI GURU PAUD DARUL MUKMININ JOGLO JAKARTA BARAT

Fauzi Nur Iman, Ida Farida, Nina Maftukha, Lukman Hakim

Abstract


Media informasi memiliki peran penting dengan banyak manfaat bagi masyarakat, termasuk dalam penyampaian pesan secara efektif. Dalam dunia pendidikan, media informasi berfungsi sebagai sarana komunikasi antara sekolah dengan guru, siswa, orang tua, serta donatur. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai cara membuat media informasi menggunakan Canva. Peserta akan diajarkan mulai dari pembuatan akun, penggunaan berbagai fitur yang tersedia, hingga cara mengelola dan mengolah hasil desain yang dihasilkan. Canva, yang dapat diakses secara online, memungkinkan peserta untuk menggunakannya kapan saja dan di mana saja tanpa batasan ruang dan waktu. Pelatihan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memberikan pemahaman praktis kepada para guru di PAUD Darul Mukminin Jakarta Barat mengenai aplikasi Canva. Kegiatan ini akan dilaksanakan melalui metode transfer pengetahuan, dengan harapan keterampilan dan pemahaman peserta dalam menggunakan Canva untuk membuat media informasi sekolah akan meningkat.


Full Text:

PDF

References


Adi, M. S. (2020). Membuat desain cantik dengan mudah & cepat menggunakan Canva. Marsudi Suwarna Adi.

Arifin, A. N., Ismail, I., Daud, F., & Azis, A. (2021) Pelatihan Aplikasi Canva Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Efitri, A. O. (2021). Pengembangan E-Modul Menggunakan Canva Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTSN 1 Sawahlunto. Skripsi.

Elvionita, M. (2021). Pengaruh Penerapan Modul Elektronik Menggunakan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Sungai Penuh.

Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan aplikasi canva dalam media pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 138-146.

Jefkins, F F. (1982). Introduction to Marketing, Advertising and Public Relations. London : Macmillan Press Ltd.

Jefkins, F. (1996). Periklanan.Jakarta: Erlangga.

Gehred, A. P. (2020). Canva. Journal of the Medical Library Association: JMLA, 108(2), 338.

Hadi, M. S., Izzah, L., & Paulia, Q. (2021). Teaching writing through Canva application. Journal of Languages and Language Teaching, 9(2), 228-235.

Hijrah, L., Arransyah, M. F., Putri, K., Arija, N., & Putri, R. K. (2021). Pelatihan Penggunaan Canva Bagi Siswa di Samarinda. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(1), 98-106.

Komalasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryadi, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 71-77.

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021, December). Pengembangan media pembelajaran canva dalam meningkatkan kompetensi guru. In Seminar Nasional Hasil Pengabdian (Vol. 10851092).

Pratiwi, U. (2021). Mudah Belajar Desain Grafis Dengan Aplikasi CANVA. DIVA Press.

Purwati, Y., & Perdanawanti, L. (2019). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya. Jurnal Pengabdian Mitra Masyarakat (JPMM), 1(1).

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 430-436.

Widayanti, L., Kala’lembang, A., Rahayu, W. A., Riska, S. Y., & Sapoetra, Y. A. (2021). Edukasi pembuatan desain grafis menarik menggunakan aplikasi canva. Jurnal pengabdian masyarakat, 2(2), 91-102.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v4i2.30231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: