PENINGKATAN KAPASITAS TATA KELOLA, PEMBUATAN MEDIA PENGAJARAN DAN APLIKASI BERGERAK UNTUK GURU SANGGAR BELAJAR MUHAMMADIYAH KUALA LUMPUR
Abstract
Paper ini mendiskusikan pelaksanaan pengabdian masyarakat untuk anak-anak Pekerja Migran Indonesia (PMI), khususnya di sanggar belajar Muhammadiyah Kuala Lumpur. Aktifitas pengabdian meliputi workshop pengelolaan pendidikan non formal, pembuatan media pengajaran menggunakan canva, pembuatan aplikasi bergerak dan bijak menggunakan handphone. Tujuan dari pengabdian ini adalah meingkatkan pemahaman dan kesadadaran dalam pengelolaan lembaga pendidikan serta meningkatkan inovasi pengajaran sehingga proses pembelajaran lebih efektif dan menarik. Dari hasil evaluasi menunjukkan bahwa 100% para guru meraasakan ketiga topik pelatihan dibutuhkan. Untuk dua topik tata kelola dan Canva, 100% peserta memahami dengan baik. Sementara untuk topik pembuatan aplikasi bergerak hanya 60% yang memahami materi yang diberikan. Pengabdian ini sangat diperlukan oleh pengelola dan guru di lembaga pendidikan tersebut serta bermanfaat dalam banyak aspek, baik dari sisi kesadaran tata kelola yang professional maupun memantik kreatifitas para guru.
Full Text:
PDFReferences
Agustin, A., Surani, D., & Sri Kurniawan, B. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Informatika Di Kelas X. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(3), 3545–3548. https://doi.org/10.36040/jati.v8i3.9627
Chen, C. C., & Huang, P. H. (2023). The effects of STEAM-based mobile learning on learning achievement and cognitive load. Interactive Learning Environments, 31(1), 100–116. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1761838
Chen, Y. C. (2019). Effect of Mobile Augmented Reality on Learning Performance, Motivation, and Math Anxiety in a Math Course. Journal of Educational Computing Research, 57(7), 1695–1722. https://doi.org/10.1177/0735633119854036
Flora, H. K., Wang, X., & Chande, S. V. (2014). An Investigation on the Characteristics of Mobile Applications: A Survey Study. International Journal of Information Technology and Computer Science, 6(11), 21–27. https://doi.org/10.5815/ijitcs.2014.11.03
Hadi, S., & Hermawan, A. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Taktis Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Simki Pedagogia, 7(2), 436–447. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i2.693
Ishaq, K., Rosdi, F., Zin, N. A. M., & Abid, A. (2020). Usability and design issues of mobile assisted language learning application. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 11(6), 86–94. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2020.0110611
Kay, R. (2020). Analyzing the use of mathematics apps in elementary school classrooms. Contemporary Educational Researches Journal, 10(2), 68–78. https://doi.org/10.18844/cerj.v10i2.4732
Kay, R., & Lauricella, S. (2018). Exploring the Use of Mathematics Apps for Elementary School Students. Proceedings of the EdMedia: World Conference on Educational Media and Technology, November, 206–211. https://www.explorelearning.com
Marini, A., Safitri, D., Lestari, I., Suntari, Y., Nuraini, S., Nafiah, M., Saipiatuddin, Arum, W. S. A., Sudrajat, A., & Iskandar, R. (2021). Mobile Web-Based Character Building for Enhancement of Student Character at Elementary Schools: An Empirical Evidence. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(21), 37–51. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i21.24959
McIlroy, S., Ali, N., & Hassan, A. E. (2016). Fresh apps: an empirical study of frequently-updated mobile apps in the Google play store. Empirical Software Engineering, 21(3), 1346–1370. https://doi.org/10.1007/s10664-015-9388-2
Molina, O. E., Fuentes-Cancell, D. R., & García-Hernández, A. (2022). Evaluating usability in educational technology: A systematic review from the teaching of mathematics. Lumat, 10(1), 65–88. https://doi.org/10.31129/LUMAT.10.1.1686
Mulyanto, A., Fatah, A., Khomaeni, A., & Ichwan, R. (2025). Peningkatan Kualitas Lulusan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Nurul Huda Kabupaten Bekasi Melalui Pengelolaan Efektif. Jurnal Abdi Insani, 12(1), 13–22. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v12i1.1356
Rochman, A., Rasyad, A., Wahyuni, S., Dayati, U., & Ellyn Sugeng Desyanty. (2024). Systematic Literature Review: Sistem Manajemen Kelembagaan Efektif pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Indonesia. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 258–274. https://doi.org/10.54396/alfahim.v6i1.1153
Salsabila Dwi Karna, Adrias Adrias, & Aissy Putri Zulkarnaini. (2025). Efektivitas dan Tantangan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 319–325. https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3840
Saputri, D., & Silvester, S. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 74–83. https://doi.org/10.24929/alpen.v8i1.342
Suherman, M., Soro, S. H., Yesino, L., Zuhri, S., & Nurjanah, A. (2024). Analisis manajemen pembelajaran kesetaraan paket C dalam membentuk karakter siswa PKBM Insan Muwahid Garut. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 2341–2346.
Sun, Z., Yao, X., You, J., Du, W., & Luo, L. (2018). Detecting the correlation between mobile learning behavior and personal characteristics among elementary school students. Interactive Learning Environments, 26(8), 1023–1038. https://doi.org/10.1080/10494820.2018.1428633
Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.389
Yanah, N. (2024). Manajemen Pengelolan Lembaga Pendidikan Non Formal Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Bimbel Gama Private Center Selopuro Blitar. Prophetic, 2(1), 4–6.
Yani, A. (2024). Peran Pendidikan Non Formal dalam meningkatkan minat literasi masyarakat di desa Bungtiang kecamatan Sakra. Jurnal Inovasi Media Pembelajaran, 02(01), 43–51.
Yuwono, T. (2024). Kompatibilitas Elektromagnetik (Dasar, Standar, dan Teknik Pengukuran). In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Universitas Islam Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v5i2.36418
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Journal is Indexed and Journal List Title by:







