DINAMIKA KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM RESTRUKTURISASI PT ANGKASA PURA II SETELAH PEMBENTUKAK PERUSAHAAN INDUK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika komunikasi antar budaya dalam rekstrukturisasi PT Angkasa Pura II setelah pembentukan perusahaan induk. Jumlah informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh informan karyawan PT Angkasa Pura II. Data pada penelitian ini diperoleh melalui wawancara mendalam kepada informan, dan observai langsung di lingkungan kerja PT Angkasa Pura II serta dokumentasi yang bersumber dari arsip dokumen yang dimiliki PT Angkasa Pura II. Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan kualitatif studi kasus serta di dukung oleh paradigma post positivisme Hasil penelitian ini adalah dinamika organisasi mengacu pada perubahan dan interaksi yang terjadi di dalam PT Angkasa Pura II. Budaya organisasi terdiri dari norma, nilai, dan keyakinan yang dianut oleh karyawan, Budaya Akhlak (Amanah, Kompoten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif), setiap karyawan di dalam PT Angkasa Pura II memiliki peran penting dalam menjaga dan mengembangkan budaya ini. Perbedan persepsi antara karyawan di sebabkan oleh latar belakang budaya yang berbeda sehingga pemaknaan atas informasi dan sistem yang di dapatkan akan dimaknai berdasarkan latar belakang budaya yang di milikinya. Komunikasi antar budaya tidak lepas dari isi informasi yang di sampaikan dan para karyawan menyadari bahwa dengan keaneka ragaman budaya yang ada dalam PT Angkasa Pura II terlebih setelah adanya holding company harus membuka diri untuk membangun hubungan antar sesama karyawan dan membuka diri untuk belajar dengan hal-hal baru dari lingkungan kerja.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341