EFEKTIVITAS INSTAGRAM DPC IWAPI JAKARTA BARAT @iwapidpcjakbar DALAM MENINGKATKAN KETERLIBATAN ANGGOTA DPC IWAPI JAKARTA BARAT PERIODE 2019 - 2024
Abstract
Instagram adalah platform media sosial yang sangat popular di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis efektivitas media sosial Instagram terhadap keterlibatan anggota DPC IWAPI Jakarta Barat. Variabel media sosial diukur menggunakan model 4 C yang mencakup aspek Contex (Konteks), Communication (Komunikasi), Collaboration (Kolaborasi), Connection (Koneksi).. Sementara itu, variabel keterlibatan diukur berdasarkan teori engagement media sosial, yang terdiri dari tiga dimensi utama: Keterlibatan Kognitif, Keterlibatan Emosional( Afektif,) dan Keterlibatan Perilaku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan cara menyebarkan questioner kepada anggota aktif dan non aktif DPC IWAPI Jakarta Barat bertujuan untuk mengukur sejauh mana konten yang dibagikan di Instagram mempengaruhi keputusan mereka untuk aktid dan terlibat pada kegiatan DPC IWAPI. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik statistik untuk mengidentifikasi hubungan antara elemen-elemen media sosial dan tingkat keterlibatan pengguna. Temuan penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan teori keterlibatan media sosial dalam konteks penggunaan media digital serta dapat membantu mengembangkan literatur tentang komunikasi organisasi melalui media sosial, khususnya untuk DPC IWAPI Jakarta Barat.
Peneliti berharap hasil ini akan memberikan saran praktis tentang cara organisasi serupa mengelola dan mengembangkan komunikasi digital. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi teoritis dan praktis dengan menyelidiki efektivitas Instagram DPC IWAPI Jakarta Barat.
Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang baru untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi pengguna di media sosial, serta memberikan rekomendasi bagi perusahaan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif di platform digital
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/reputasi.v21i01.31734
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22441/reputasi.v21i01.31734.g9308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215870341