ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN KORELASINYA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DENGAN METODA STATISTICAL PROCESS CONTROL

R. Bagus Yosan

Abstract


Pada tahun 2016, penjualan produk Smartphone XYZ di PT XYZ sebesar 208.290 unit, masih terbilang kecil dibandingkan dengan kompetitor yaitu produk AAA yang merupakan produk lokal pada tahun 2016 sebesar 1,7 juta unit. Dengan begitu, PT XYZ harus melakukan perbaikan agar bisa meningkatkan penjualan. Penjualan total XYZ adalah 11 % dari penjualan produk AAA, maka divisi smartphone PT XYZ harus segera melakukan perbaikan untuk mengejar ketertinggalan volume penjualan. Peningkatan performansi penjualan harus ditinjau dari analisa kualitas produk dan korelasinya terhadap tingkat kepuasan konsumen dengan metoda statistical process control. Pengujian data dalam riset ini menggunakan perangkat lunak SPSS ver 17. Hasil yang diharapkan dalam riset ini adalah PT XYZ dapat menemukan hubungan dan melakukan perbaikan agar penjualan smartphone XYZ mengalami peningkatan. Hasil dari riset ini didapat bahwa konsumen menilai bahwa kemampu perbaikan / serviceability adalah hal yang penting dengan point alpha 0,879.


Keywords


Kualitas; Kepuasan Pelanggan; Mampu Perbaikan; Kemutakhiran; Keragaman

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/sinergi.2017.3.010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SINERGI
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1410-2331
e-ISSN: 2460-1217
Journal URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/sinergi
Journal DOI: 10.22441/sinergi

 

Creative Commons License
Journal by SINERGI is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: