ANALISIS OPTIMASI KINERJA QUALITY OF SERVICE PADA LAYANAN KOMUNIKASI DATA MENGGUNAKAN NS-2 DI PT. PLN (PERSERO) JEMBER

Yohanes Andri Pranata, Ike Fibriani, Satryo Budi Utomo

Abstract


Quality of Service merupakan metode pengukuran tentang seberapa baik jaringan yang terpasang dan juga merupakan suatu usaha untuk mendefinisikan karakteristik dan sifat dari satu layanan. Dengan dibuatnya sistem pembayaran online yang terdapat di PT. PLN (Persero) Jember, layanan internet yang digunakan hendaknya harus memenuhi standar TIPHON (Telecommunications and Internet Protocol Harmonization Over Networks). Maka diperlukan optimasi kinerja QoS sebagai salah satu cara untuk mengetahui seberapa besar kualitas layanan data yang harus dipenuhi. Parameter QoS yang digunakan untuk analisis layanan komunikasi data adalah jitter, packet loss, throughtput, dan delay. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa pada jam sibuk (09.00-11.00 WIB) dan non sibuk (11.00-13.00 WIB) mendapatkan hasil rata – rata indeks QoS sebesar 2,125 dalam kategori “kurang memuaskan”. Dengan kapasitas bandwidth yang disediakan sebesar 3 Mbps. Kemudian dari hasil perhitungan optimasi bandwidth yang diperlukan sebesar 7,154 Mbps dan disimulasikan mendapatkan rata–rata indeks  QoS yang sebesar 3,5 dalam kategori “sangat memuaskan”.

Keywords


Bandwidth, Delay; Internet; Jitter; Packet Loss; Quality of Service (QoS); TIPHON; Throughput

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/sinergi.2016.2.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SINERGI
Published by:
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1410-2331
e-ISSN: 2460-1217
Journal URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/sinergi
Journal DOI: 10.22441/sinergi

Creative Commons License

Journal by SINERGI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: