APAKAH RETURN SAHAM BANK KONVENSIONAL DIPENGARUHI CAR, BOPO, NPL, LDR, DAN NIM? (STUDI PADA BANK KONVENSIONAL GO PUBLIK)

Suprapto Suprapto

Abstract


Return saham merupakan tingkatan pengembalian saham harapkan atas investasi yang dilakukan dalam saham atau beberapa kelompok saham melalui suatu portofolio. Tanpa adanya harapan akan mendapatkan return, maka investor tidak akan bersedia menanamkan modal pada perusahaan yang bersangkutan dengan membeli sahamnya. Untuk memperoleh return yang di harapkan atas investasinya maka investor harus mempertimbangkan beberapa aspek penting perusahaan. Tujauan penelitian adalah menganalisis pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Non Performing Loan (NPL), Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Net Interest Margin (NIM) terhadap return saham bank konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian adalah sebanyak 63 responden. Alat analisis yang digunakan adalah eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya CAR yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap return saham, sedangkan BOPO, NPL, LDR, dan NIM tidak berpengaruh terhadap return saham. Jika dianalisis secara bersama-sama baik CAR, BOPO, NPL, LDR, maupun NIM berpengaruh terhadap return saham.

 


Keywords


Return Saham, Capital Adequacy Ratio, Beban Operasional Pendapatan Operasional, Non Performing Loan, Loan to Deposit Ratio, Net Interest Margin

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/swot.v9i3.11961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 SWOT : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

SWOT : Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen

Pascasarjana Mercu Buana Jakarta, Kampus Menteng, Gedung Tedja Buana Lt. 4 Jl. Menteng Raya No. 29 Jakarta Pusat


width=width=