FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG JASA EVENT ORGANIZER (Studi Kasus pada CV Brilian EO)

Fariz Muammar Rachman, Mochamad Rizki Sadikin

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis hubungan citra perusahaan, persepsi kualitas & persepsi harga terhadap keputusan pembelian ulang di CV. Brilliant Event Organizer. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan pengambilan contoh teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah para pengambil keputusan dengan jumlah 152 responden yang diminta pendapatnya melalui kuesioner. Karena itu, analisis data yang digunakan adalah Component atau Variance Based Structural Equation Modeling (Partial Least Square (Smart-PLS)). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara positif variabel Citra Perusahaan, Persepsi Kualitas dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ulang. Hal ini dibuktikan dari hasil T-statistik dari ketiga variabel memiliki nilai yang positif yang mendukung hipotesa.

Keywords


Repurchase Decision; Corporate Image; Perceived Quality;Perceived Price

Full Text:

PDF

References


Alamsjah, M. I. (2016, September 22). Paparan Kemenpar untuk KIDI 2016. Retrieved from web.kominfo.go.id: https://web.kominfo.go.id

Amrullah, A. R. (2016). “Pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian honda beat”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(7), 1-15.

Antara Pertumbuhan Ekonomi, Investasi dan Target Jokowi, 2017. (2017, Oktober 10). Retrieved from http://validnews.co/Antara-Pertumbuhan-Ekonomi--Investasi-dan-Target-Jokowi-lZM

Ayuningtias, T., & Handoyo, D. (2017). “Pengaruh kualitas produk, citra merek dan iklan terhadap keputusan pembelian kartu xl prabayar di kota semarang” (Studi Kasus pada Pengguna Kartu XL Prabayar di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Social and Political T, 1-6.

Brata, B. H., Shilvana, H., & Hapzi, A. (2017). “The influence of quality products, price, promotion, and location to product purchase decision on nitchi at pt. jaya swarasa agung in central jakarta”. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2, 433-445. DOI: 10.21276/sjbms.

Bustaman, Z. SH, MM. (2013). Peraturan Ekonomi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif. http://www.kemenpar.go.id/userfiles/file/BUKU1.pdf

Faradi, A. (2015, June 17). Persaingan Bisnis Tour & Travel. Retrieved from Kompasiana: www.kompasiana.com

Ghozali, I. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi menggunakan program SmartPls 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Squares (PLS) (4th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Habibah, U., & Sumiati. (2016). “Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah di kota bangkalan Madura”. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(1), 31 - 48.

Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. http://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128.

Halim P., Bambang, S., Djamhur, H., & Muhammad, R. F. (2014). “The influence of product quality, brand image, and quality of service to customer trust and implication on customer loyalty (survey on customer brand sharp electronics product at the south kalimantan province)”. European Journal of Business and Management, 6(29), 159-166.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2015). A new criterion for assessing discriminant validity in variance-based structural equation modeling. Journal of the Academy of Marketing Science, 43(1), 115–135. http://doi.org/10.1007/s11747-014-0403-8

Hustić, I., & Iva, G. (2015). “The influence of price on customer’s purchase decision”. Central European Conference on Information and Intelligent System, 27-32.

Jayanti, R. D., & Mochammad, Z. Z. (2017). “Analisis pengaruh iklan dan harga terhadap keputusan pembelian minuman teh pucuk harum pada konsumen de nala foodcourt”. EKSIS, 12(1), 33-46.

Karlina, N. P. N. (2015). “Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk pt. karya pak oles tokcer Denpasar”. E-Jurnal Manajemen Unu, 4(6), 1610-1623.

Kotler, P., & Gary, A. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran jilid 1 dan jilid 2, edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Penerbit CV Alfabeta.

Manengal, C. D. (2015). “Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, dan penetapan harga terhadap keputusan pembelian pada cv. esa genangku (esacom) manado”. Jurnal EMBA, 3(3), 1254-1264.

Murdopo (2013). Potensi Industri MICE Indonesia. Retrieved from http://djpen.kemendag.go.id/app_frontend/admin/docs/publication/3421336971013.pdf

Philip, K., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Prasastiningtyas, T. R. (2016). “Pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap keputusan pembelian kartu seluler”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(7), 1-15.

Ranking Devisa Pariwisata . (2016, December 27). Retrieved from Kementerian Pariwisata Republik Indonesia: http://www.kemenpar.go.id

Rares, A., & Rotinsulu, J. J. (2015). “The effect of the price, promotion, location, brand image and quality products towards the purchase decision of consumers at bengkel gaoel store manado town square”. Jurnal EMBA, 3(2), 592-604.

Riadi, M. (2015, June 26). Pengertian dan Jenis Usaha Pariwasata. Retrieved from Kajian Pustaka: http://www.kajianpustaka.com/2015/06/pengertian-dan-jenis-usaha-pariwasata.html

Rizan, M., & Kartika, L. H. (2015). “Pengaruh citra merek (brand image) dan kualitas produk (Product quality) terhadap keputusan pembelian (purchase decision)”. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 6(1), 1610-1623.

Santoso, I. (2016). “Pengaruh atmosfer ruangan, kualitas layanan, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian”. Jurnal Manajemen Teknologi, 15(1), 94-109. DOI:http:// dx.doi.org/ 10.12695/ jmt.2016.15.1.7.

Sudaryono. (2017). Metodologi Penelitian (1st ed.). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. Tutorial Nurani Sejahtera.

Suhaily, L., & Syarief, D. (2017). “Effect of product quality, perceived price and brand image on purchase decision mediated by customer trust (study on japanese brand electronic product)”. Jurnal Manajemen, 21(2), 179-194.

Syamsudin, M. (2017). “Pengaruh iklan, harga, kualitas produk dan kualitas layanan terhadap pembelian modem smartfren”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(8), 1-21.

Tamunu, M., & Ferdinannd, T. (2014). “Analyzing the influence of price and product quality on buying decision honda matic motorcyles in manado”. Jurnal EMBA, 2(3), 1255-1263.

Virawan, W. A, (2013). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian, 31.

Weenas, J. R. S. (2013). “Pengaruh Kualitas produk, harga, promosi dan kualitas pelayanan secara bersama terhadap keputusan pembelian spring bed comforta”. Jurnal EMBA, 1(4), 607-618.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/teropong.v10i3.16793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Teropong : Jurnal Manajemen dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.