KAJIAN KONSEP ARSITEKTUR PERILAKU DAN TINGKAT KENYAMANAN PENGHUNI PADA HUNIAN VERTICAL DENGAN ANALISIS BEHAVIORAL MAPPING (Studi Kasus: Rusunawa Pinus Elok Tower C, Jakarta Timur)

Annisa Aulia Suwandi, Ratna Dewi Nur'aini

Abstract


Permasalahan yang timbul dalam penyediaan hunian vertikal khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah bersifat kompleks yaitu pada aspek manusia hingga aspek-aspek lain, seperti ekonomi, politik, social dan budaya. Hunian vertikal dengan konsep arsitektur perilaku diharapkan dapat menghadirkan hunian yang mewadahi karakteristik pola perilaku, kebiasaan, tradisi, budaya, maupun system kemasyarakatan lainnya, baik secara individu maupun kelompok masyarakat. Pada Tulisan Ulinata (2019) membahas mengenai penerapan arsitektur perilaku pada rumah susun bagi nelayan menggunakan metode behavior mapping, yang berfokus pada perilaku khusus Nelayan. Penerapan konsep perilaku pada Hunian Vertikal dengan studi kasus Rumah Susun yang fokus pada penghuni secara umum jarang ditemukan. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data berupa data primer dan data sekunder yang dianalis dengan metode berupa pengelompokkan pengguna dalam bangunan, behavioral mapping yang difokuskan pada unit hunian dan ruang komunal bangunan, serta setting ruang yang berhubungan dengan perilaku pengguna. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Penerapan arsitektur perilaku pada bangunan Hunian Vertikal dengan studi kasus Rumah Susun Sewa Pinus Elok dapat terlihat dari penataan setting ruang pada unit hunian dan ruang komunal yang dapat mewadahi aktifitas penghuni didalamnya.


Keywords


Arsitektur perilaku; Hunian vertical; Peta perilaku; Rumah susun.

References


Cahyadi, A. & Kurniawan, M. A., 2019. Penerapah Arsitektur Perilaku Pada Perancangan Panti Rehabilitasi Untuk Orang Dengan HIV/AIDS Di Seleman. Vitruvian, 08(3), p. 103.

Haryadi & Setiawan, B., 2020. Arsitektur, Lingkungan, Dan Perilaku. 3 Ed. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hidayat, Y. N., Mauliani, L. & S, A. F., 2018. Penerapan Konsep Arsitektur Perilaku Pada Bangunan Pusat Rehabilitasi Down Syndromedi Jakarta. Purwarupa, 2(2).

Laurens, J. M., 2005. Arsitektur Dan Perilaku Manusia. 2 Ed. Jakarta: PT Grasindo.

Nur'aini, R.D. 2019. Teritorialitas dalam Tinjauan Ilmu Arsitektur. Jurnal INERSIA, Vol. XV No. 1, Mei 2019

Taaluru, S. Y., Waani, J. O. & Warouw, F., 2015. Kampung Vertikal Di Sindulang 'Humanisme Dalam Arsitektur'. DASENG UNSRAT, 4(1).

UU RI Nomor 20 Tahun 2011 tentang Rumah Susun

Paryoko. (2015) .Perancangan Rumah Susun Dengan Pendekatan Simbiosis Ruang Pada Tempat Tinggal Dulu Dan Kini (Studi Kasus: Kediri), Tesis S2. Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh November

Ulinata, 2019.” Penerapan Arsitektur Perilaku Pada Perancangan Rumah Susun Bagi Nelayan (Studi Kasus : Lorong Proyek Kelurahan Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan Sumatera Utara). Jurnal SCALE, Volume 6 No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/vitruvian.2021.v10i3.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Vitruvian : Jurnal Arsitektur, Bangunan, dan Lingkungan

License URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian/article/view/10674

Layout Jurnal Vitruvian: Download

Declaration & CTA Form Vitruvian: Download

(WAJIB DI UPLOAD SEBAGAI SUPLEMENTARY SAAT SUBMIT ARTIKEL)

Vitruvian
Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax : +62215871335
Surel : [email protected]
p-ISSN : 2088-8201
e-ISSN : 2598-2982
Website : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian
DOI : 10.22441/vitruvian

Vitruvian is indexed by the following abstracting and indexing services:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats