EVALUASI ALIRAN UDARA PADA BANGUNAN ASRAMA DIVITRIYA, BERBENTUK ”U” DI YOGYAKARTA

Cornelia Hildegardis

Abstract


Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh bentuk masa bangunan terhadap aliran udara yang terjadi di dalam dan luar bangunan. Salah satunya pada bangunan berbentuk U. Penelitian dilakukan pada salah satu asrama, yang berlokasi di pemukiman padat penduduk di Yogyakarta. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi bentuk aliran udara yang masuk ke dalam bangunan, agar dapat mengetahui penghawaan alami yang terjadi terutama pada daerah pemukiman padat penduduk. Untuk mengevaluasi bentuk aliran udara ini dilakukan pengukuran langsung menggunakan thermohygrometer dan anemometer untuk mengetahui suhu, kelembaban udara dan kecepatan angin serta dilanjutkan dengan menggunakan simulasi Computational Fluid Dynamics. Hasil menunjukkan bahwa perbedaan kondisi tatanan ruang luar seperti jarak dan ketinggian masa bangunan di sekitar bangunan mampu memberikan pengaruh terhadap pergerakan angin yang masuk ke setiap sisi dalam bangunan. Diketahui pula, aliran angin yang masuk ke dalam bangunan dapat membentuk pola sesuai dengan jumlah, arah hadap dan tipe bukaan.


Keywords


Aliran Udara; Bentuk U; Asrama; Computational Fluid Dynamics

References


Arifah, A. B., Adhitama, M. S., & Nugroho, A. M. (2017). Pengaruh Bukaan Terhadap Kenyamanan Termal pada Ruang Hunian Rumah Susun Aparna Surabaya. Universitas Brawijaya, 5(4). Retrieved from http://arsitektur.studentjournal.ub.ac.id

Faharuddin, U. (2016). Bentuk Menara Phinisi Unm Makassar terhadap Gerakan Angin dan Aliran Udara pada Lingkungan Sekitarnya dengan Metode Simulasi Komputer. LOSARI: Jurnal Arsitektur Kota dan Pemukiman, 35-38.

Febrina, D., Hamzah, B., & Mulyadi, R. (2018). Pengaruh Elemen Fasad Terhadap Laju Pergerakan Aliran Udara Di Ruang Kelas. PURWARUPA Jurnal Arsitektur, 1(2), 19-28.

Hamdani, N. (2018). Pengaruh bentuk bangunan dengan inner court dan variasi ketinggian terhadap kenyamanan termal ruang luar di Apartemen Sudirman Suites Bandung.

Haven, W. C. (2020). Pengaruh bangunan berbentuk U terhadap pergerakan aliran udara dalam unit apartemen.

Hildegardis, C., Saraswati, A. A. A. O., Gede, I. D., Putra, A. D., & Dewi, N. K. A. (2020). Comparison of Thermal Comfort Based on Köppen Climate Classification in Churches in Indonesia.

Hildegardis, C., Saraswati, A. A. A. O., Putra, I., & Agusintadewi, N. K. (2021). Comparison of Static Model, Adaptation Study, and CFD Simulation in Evaluating Thermal Comfort Based on Köppen Climate Classification System in Churches in Indonesia. Journal of Engineering & Technological Sciences, 53(6).

Kholiq, A., & Hidayat, M. S. (2016). Pengaruh Bentuk Atap Terhadap Karakteristik Thermal Pada Rumah Tinggal Tiga Lantai. Vitruvian: Jurnal Arsitektur, Bangunan, Dan Lingkungan, 5(3), 265317.

Kindangen, J. I. (2003). Pengaruh tipe jendela terhadap pola aliran udara dalam ruang. DIMENSI: Journal of Architecture and Built Environment, 31(2).

Lechner, N. (2007). HEATING, COOLING, LIGHTING : Design Method for Architects (S. Siti, Trans. P. R. Persada Ed. II ed.).

Marcella, G., & Nugroho, N. Y. (2019). INFLUENCE OF MASS ‘U’FORM IN LINE UP FORMATION TOWARDS AIR MOVEMENT ON SUPPORTING THERMAL COMFORT IN OUTSIDE SPACE OF APARTMENT LANDMARK RESIDENCE, BANDUNG. Riset Arsitektur (RISA), 3(04), 398-413.

Pangestu, M. D. S. (2009). Pengaruh bentuk, tata letak bangunan dan tanaman, serta pengolahan permukaan tanah terhadap kenyamanan termal di ruang luar bangunan kampus Universitas Katolik Parahyangan Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/vitruvian.2022.v11i3.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Vitruvian : Jurnal Arsitektur, Bangunan dan Lingkungan

License URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian/article/view/15439

Layout Jurnal Vitruvian: Download

Declaration & CTA Form Vitruvian: Download

(WAJIB DI UPLOAD SEBAGAI SUPLEMENTARY SAAT SUBMIT ARTIKEL)

Vitruvian
Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax : +62215871335
Surel : [email protected]
p-ISSN : 2088-8201
e-ISSN : 2598-2982
Website : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian
DOI : 10.22441/vitruvian

Vitruvian is indexed by the following abstracting and indexing services:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats