KONSEP HEALING THERAPEUTIC SEBAGAI MEDIA TERAPI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS, STUDI KASUS: SEKOLAH ALAM INSAN MULIA SURABAYA
Abstract
Pendidikan menjadi salah satu aspek penting dalam menunjang keberlangsungan hidup setiap orang, termasuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). ABK membutuhkan ruang lingkup pendidikan khusus yang dapat membantu proses perkembangan psikis dan fisiknya secara optimal. Keberadaan sekolah alam dengan konsep healing dapat menjadi wadah pembelajaran sekaligus alternatif proses terapi bagi ABK tanpa mengesampingkan pengobatan medis. Konsep healing therapeutic dijadikan sebagai kajian terhadap Sekolah Insan Mulia Surabaya yang saat ini menjalankan program sekolah inklusi berbasis alam. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis elemen-elemen healing therapeutic yang diterapkan pada Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep healing therapeutic yang diterapkan pada Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya mencakup penerapan konsep hubungan indera manusia dan lingkungan serta konsep penyembuhan psikologis. Adapun wujud fisiknya berupa optimalisasi ruang interaksi sosial dan ruang pembelajaran yang dapat merangsang perkembangan saraf sensorik, motorik, maupun kognitif. Penerapannya dapat terlihat pada terciptanya ruang bersama yang interaktif, adanya penggunaan bahan-bahan alami yang bertekstur dan berpola, penggunaan warna pada bangunan dan fasilitasnya, serta pemanfaatan pemandangan alam sekitar. Namun terdapat beberapa aspek healing therapeutic yang hanya memberikan kenyamanan psikologis namun tidak menjadi media terapi terhadap ABK, seperti penggunaan material tembus pandang pada akses utama, meminimalkan penggunaan koridor lurus yang panjang, serta peletakan ruang privasi yang jauh dari area jalan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Hardani, S. P., MS, N. H. A., ... & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Chrysikou, E. (2014). Architecture for psychiatric environments and therapeutic spaces. Ios Press.
Eva, N. (2015). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Malang: Fakultas Pendidikan Psikologi Univeritas Negeri Malang, 1, 23.
Fadlilah, N., & Lissimia, F. (2021). KAJIAN KONSEP HEALING THERAPEUTIC ARCHITECTURE PADA FASILITAS PENDIDIKAN ANAK-ANAK LUAR BIASA STUDI KASUS: YPAC JAKARTA. PURWARUPA Jurnal Arsitektur, 5(1), 21-28.
Haggard, L., & Hosking, S. (2003). Healing the hospital environment: Design, management and maintenance of healthcare premises. Taylor & Francis.
Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher's companion. sage.
Kamila, N., & Purisari, R. (2019). PERAN ELEMEN HEALING ARCHITECTURE DALAM PENCIPTAAN RUANG EDUKASI UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS STUDI KASUS: SEKOLAH ALAM AMARDHIKA, CIBUBUR. In Seminar Nasional Komunitas dan Kota Berkelanjutan (Vol. 1, No. 1, pp. 18-25).
Pallasmaa, J. (2012). The eyes of the skin: Architecture and the senses. John Wiley & Sons.
Suhendi, S., & Murdiana, S. (2011). Belajar Bersama Alam.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentan Sistem Pendidikan Nasional
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/vitruvian.2023.v12i2.002
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Vitruvian : Jurnal Arsitektur, Bangunan dan Lingkungan
License URL: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian/article/view/18607
Layout Jurnal Vitruvian: Download
Declaration & CTA Form Vitruvian: Download
(WAJIB DI UPLOAD SEBAGAI SUPLEMENTARY SAAT SUBMIT ARTIKEL)
Vitruvian
Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax : +62215871335
Surel : [email protected]
p-ISSN : 2088-8201
e-ISSN : 2598-2982
Website : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/virtuvian
DOI : 10.22441/vitruvian
Vitruvian is indexed by the following abstracting and indexing services:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.